Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Harus Dimakan Setelah Mabuk akibat Minuman Beralkohol?

Kompas.com - 02/01/2018, 11:30 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber Newsweek

KOMPAS.com - Banyak cara yang dilakukan orang untuk melewati malam tahun baru semalam. Berkumpul dengan teman dan keluarga di rumah, mengunjungi acara seni, atau bergabung dengan keramaian di luar.

Bagi yang telah dewasa, tak jarang minuman beralkohol atau bir menjadi pendamping momen-momen hangat tersebut. Kalau yang sudah terbiasa, mungkin akan baik-baik saja.

Namun tak jarang, banyak yang merasakan hangover setelahnya, seperti merasa mual, pusing, lemas, dan kepala sangat berat. Hari pertama tahun baru justru dihabiskan di tempat tidur.

Untuk mengatasi ini, setiap orang memiliki cara menghilangkan mabuk atau hangover tadi. Mulai dari yang menenggak susu, atau mengunyah daging, telur, dan keju.

Tapi, apa benar makanan dan minuman berlemak itu benar-benar efektif menghilangkan mabuk?

Baca juga : 5 Tanda Kecanduan Alkohol

Menurut Dr. Robert Glatter, dokter darurat di Rumah Sakit Lenox Hill, New York, justru mengatakan makanan berlemak sangat tidak dianjurkan dikonsumsi setelah mabuk.

Dia berkata bahwa pada umumnya orang memang ingin mengonsumsi kopi atau makanan berminyak dan berlemak setelah mabuk. Tapi, hal itu sebenarnya tidak membantu menghilangkan mabuk.

"Justru makanan itu akan membuat Anda merasa lebih buruk," kata Glatter seperti dilansir dari Newsweek, Minggu (31/12/2017).

Glatter menjelaskan, setelah mabuk pada dasarnya tubuh tidak ingin mengeluarkan energi terlebih untuk menghancurkan makanan berlemak. Itu karena pankreas dan hati sedang meradang karena alkohol.

Sebelum meminum alkohol, sebenarnya akan lebih baik untuk mengonsumsi karbohidrat dan lemak. Hal ini akan memperlambat penyerapan alkohol dan melindungi perut.

Daripada mengonsumsi makanan berlemak setelah mabuk, sebagai gantinya lebih baik mengonsumsi makanan sederhana untuk mengembalikan nutrisi dalam tubuh. Glatter mengatakan, alkohol menghabiskan penyimpanan vitamin A, B, dan C, serta magnesium dan potassium dalam tubuh.

"Mulailah dengan pisang atau smoothie karena mudah dicerna perut dan memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar cepat pulih," katanya.

"Telur juga baik karena mengandung sistein asam amino tinggi yang menurut penelitian dapat menetralkan beberapa kerusakan yang disebabkan alkohol," sambungnya.

Baca juga : Minum Alkohol Sampai Mabuk, Ini yang Terjadi pada Otak

Sementara itu, jika meminum kopi setelah mabuk justru dapat menyempitkan pembuluh darah dan meningkatkan asam di dalam perut.

"Setelah mabuk, sebelum tidur Anda harus minum setidaknya tiga gelas air dan minum. Minum kopi dan yang berlemak setelah mabuk justru makin merusak tubuh," kata Glatter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com