Kompas.com - 02/01/2018, 11:30 WIB
Minuman beralkohol GeorgeRudyMinuman beralkohol
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Banyak cara yang dilakukan orang untuk melewati malam tahun baru semalam. Berkumpul dengan teman dan keluarga di rumah, mengunjungi acara seni, atau bergabung dengan keramaian di luar.

Bagi yang telah dewasa, tak jarang minuman beralkohol atau bir menjadi pendamping momen-momen hangat tersebut. Kalau yang sudah terbiasa, mungkin akan baik-baik saja.

Namun tak jarang, banyak yang merasakan hangover setelahnya, seperti merasa mual, pusing, lemas, dan kepala sangat berat. Hari pertama tahun baru justru dihabiskan di tempat tidur.

Untuk mengatasi ini, setiap orang memiliki cara menghilangkan mabuk atau hangover tadi. Mulai dari yang menenggak susu, atau mengunyah daging, telur, dan keju.

Tapi, apa benar makanan dan minuman berlemak itu benar-benar efektif menghilangkan mabuk?

Baca juga : 5 Tanda Kecanduan Alkohol

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Dr. Robert Glatter, dokter darurat di Rumah Sakit Lenox Hill, New York, justru mengatakan makanan berlemak sangat tidak dianjurkan dikonsumsi setelah mabuk.

Dia berkata bahwa pada umumnya orang memang ingin mengonsumsi kopi atau makanan berminyak dan berlemak setelah mabuk. Tapi, hal itu sebenarnya tidak membantu menghilangkan mabuk.

"Justru makanan itu akan membuat Anda merasa lebih buruk," kata Glatter seperti dilansir dari Newsweek, Minggu (31/12/2017).

Glatter menjelaskan, setelah mabuk pada dasarnya tubuh tidak ingin mengeluarkan energi terlebih untuk menghancurkan makanan berlemak. Itu karena pankreas dan hati sedang meradang karena alkohol.

Sebelum meminum alkohol, sebenarnya akan lebih baik untuk mengonsumsi karbohidrat dan lemak. Hal ini akan memperlambat penyerapan alkohol dan melindungi perut.

Halaman:


Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.