Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/12/2017, 20:08 WIB
Lutfy Mairizal Putra

Penulis


KOMPAS.com – Benda asing yang tak dikenal manusia, seperti Unidentified Flying Object (UFO), tak pernah berhenti membuat rasa penasaran. Hal ini sebagai salah satu bukti bahwa manusia kesepian dan selalu ingin tahu apa yang terjadi di antariksa.

Pencaraian mahkluk lain di luar bumi pun terus dilakukan. Bahkan, sebuah video anonim tersebar dengan mengklaim Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah menemukan alien.

Berikut ini sejumlah peristiwa diduga UFO dan pencarian alien sepanjang 2017.

1. Dugaan UFO di Kolombia ternyata balon Google

Pada Maret 2017, seorang warga San Luis, Kolombia, melihat benda terbang aneh yang jatuh di lapangan sekitar. Petani setempat panik karena mengira benda tersebut adalah UFO. Sejumlah laporan di dunai maya menyebut benda itu merupakan satelit.

Keberanaran baru terungkat setelah polisi datang memastikannya. Rupanya, benda aneh itu adalah balon internet buatan ‘X’, perusahaan yang berafiliasi dengan Google.

“Ini adalah perangkat teknologi yang dipakai Google. Ia melayang di angkasa dengan bantuan balon,” ujar komandan polisi wilayah Tolima, Jorge Esguerra pada Rabu (15/3/2017).

Balon itu merupakan bagian dari Project Loon besutan X yang beroperasi di Kolombia. X menggunakan balon untuk memperluas koneksi internet di daerah terpencil.

Baca juga : Dikira UFO, Balon Google Bikin Panik

 

Bagian-bagian balon udara Google yang jatuh di Kolombia diamankan oleh polisi. BBC Bagian-bagian balon udara Google yang jatuh di Kolombia diamankan oleh polisi.

2. Portal Alien di Yorkshire, Inggris

Sebuah cincin hitam mengambang di langit yang cerah di jalan tol M26, dekat Birkenshaw, Yorkshire, Inggris, juli 2017. Sebagai orang menduga cincin hitam itu merupakan portal bagi alien untuk datang ke Bumi. Kimberley Robinson, salah satu saksi mata mengabadikan fenomena itu menggunakan telepon pintarnya.

Apa yang Robinson lihat bukanlah yang pertama. Peristiwa serupa terjadi pada 27 April 2016 dengan kemunculan awan aneh di atas Magic Castle Disneyland, California. Pada 2015, pusaran awan hitam berdameter 100 meter muncul di Kazakhstan.

Peristiwa itu dijelasn secara sederhana oleh Nigel Watson, penulis 'UFO dari Perang Dunia Pertama'. Dalam kasus di Birkenshaw, cincin hitam terjadi hasil sampingan dari tembakan Meriam dan reka ulang pertempuran pada acara Yorkshire Wartime. Acara itu melibatkan lebih dari 500 kendaraan militer.

Tembakan meriam menciptakan cincin asap dan gangguan pada udara sekitar yang menghasilkan pusaran. Udara yang berada di sekitar pusaran terhempas, sementara udara di dalamnya berputar.

Baca juga : Cincin Hitam Muncul di Langit, Mungkinkah Portal Alien Terbuka?

Cincin hitam yang tampak di langit Birkenshaw.SWNS.com Cincin hitam yang tampak di langit Birkenshaw.

3. Temuan UFO Berbentuk “Permen”

David Fravor, mantan pilot angkatan laut Amerika Serikat, angkat suara soal pengalamannya melihat UFO pada 2004 lalu. Saat itu, Favor tengah melakukan misi pelatihan rutin di lepas pantai California. Unitnya diminta memeriksa benda tak dikenal.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com