Mineral "Alien" Ditemukan di Area Jatuhnya Meteor 60 Juta Tahun Lalu

Kompas.com - 21/12/2017, 19:22 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber FOXNews

KOMPAS.com - Para ilmuwan baru-baru ini menemukan meneral "alien" dari lokasi tempat meteor prasejarah di kepulauan Skye, Skotlandia. Meteor ini diperkirakan adalah meteor prasejarah berusia 60 juta tahun.

Penemuan ini bisa dibilang tak disengaja. Seorang ahli geologi dari Birbeck, University of London saat itu sedang menjadi bagian dari tim yang memeriksa batuan vulkanik di Skye.

Mereka kemudian melihat bentuk mineral dari dampak meteor yang belum pernah ditemukan di bumi. Tak hanya itu, tim ini juga menemukan osbornite, yaitu debu ruang angkasa yang dikumpulkan pada misi NASA sebelumnya.

Awalnya, para peneliti berpikir itu adalah aliran vulkanik yang disebut ignimbrite atau batuan yang disususn dari endapan material oleh aliran abu. Tapi ketika menggunakan microprobe elektron (teknik analisis untuk menetapkan komposisi kecil pada spesimen), mereka menemukan materi antariksa yang langka.