Makan Seporsi Salad Tiap Hari Tenyata Bikin Otak Lebih Muda 11 Tahun

Kompas.com - 21/12/2017, 11:30 WIB
Salad di Restoran Trattoria, kawasan SCBD, Jakarta. BIGDISHSalad di Restoran Trattoria, kawasan SCBD, Jakarta.
|
EditorResa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Manfaat sayuran hijau sudah jamak diketahui. Penelitian terbaru juga kembali menambah daftar panjang manfaat sayuran hijau, yaitu membuat otak 11 tahun lebih muda.

Penelitian ini dilakukan oleh seorang ahli epidemiologi nutrisi, Martha Clare Morris dan timnya dari Rush University Medical Center Chicago. Mereka menemukan bahwa orang yang makan satu atau dua porsi sayuran hijau tiap hari mengalami lebih sedikit masalah memori dan penurunan kognitif dibandingkan yang jarang makan bayam.

Hal ini mereka lakukan karena populasi penderita Alzheimer (penyakit kemunduran daya ingat dan daya pikir akibat kematian sel-sel saraf secara cepat) belakangan terus meningkat. Umumnya, orang saat ini mengonsumsi suplemen seperti minyak ikan atau vitamin B12 dalam usaha agar tetap awet muda dan mencegah demensia atau kepikunan.

Dari penelitiannya, Morris juga memperkirakan bahwa para pecinta sayuran yang memakan 1,3 porsi setiap hari memiliki otak yang 11 tahun lebih muda.

Baca juga: Tingkatkan Daya Pikir Anda dengan Makan Sayuran Hijau

Penelitian ini sendiri melibatkan 960 orang peserta yang berusia antara 58 hingga 99 tahun, baik yang memiliki dimensia maupun yang tidak. Para peserta diminta untuk menyelesaikan kuesioner tentang kebiasaan mereka selama hampir lima tahun.

Pertanyaan yang diajukan oleh para peneliti termasuk pada seberapa sering para peserta mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, kangkung, salad, dan lainnya. Selain itu, peserta juga mengikuti tes kemampuan berpikir setiap tahunnya untuk mengukur kemampuan kognitif mereka.

Selanjutnya, peneliti membagi mereka menjadi beberapa kelompok menurut apa yang mereka konsumsi. Kelompok paling banyak mengonsumsi sayuran hijau rata-rata menghabiskan 1,3 porsi sayuran setiap hari. Sebaliknya, peserta paling sedikit mengkonsumsi sayuran 0,1 porsi sehari.

Para peserta kemudian diikuti kesehariannya selama 10 tahun. Hasilnya, peserta yang makan paling banyak sayuran memiliki usia otak yang setara 11 tahun lebih muda.

Tapi bukan hanya sayuran hijau saja yang bisa membuat memori kita tetap baik. Menurut Morris, nutrisi yang ditemukan dalam sayuran hijaulah yang mungkin bertanggung jawab sebagai penguat otak. Tentunya nutrisi ini juga bisa ditemukan pada sumber makanan lain.

"Beberapa nutrisi sudah terbukti ilmiah sangat baik, seperti vitamin E sebagai antioksidan kuat yang telah ditunjukkan pada contoh hewan yang dikontrol ketat untuk melindungi dari kehilangan neuron, stres oksidatif (kelebihan radikal bebas), dan pembengkakan, serta endapan protein amiloid," ungkap Morris dikutip dari Newsweek, Rabu (20/12/2017).

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Newsweek
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X