Kompas.com - 12/12/2017, 12:10 WIB
Beginilah kondisi buaya yang dikeroyok puluhan kuda nil yang melindungi bayi mereka. Latest SightingBeginilah kondisi buaya yang dikeroyok puluhan kuda nil yang melindungi bayi mereka.
|
EditorMichael Hangga Wismabrata

KOMPAS.com - Alam tidak pernah berhenti memberikan inspirasi kehidupan. Sepanjang tahun 2017 ini, banyak adegan hewan yang terekam kamera tentang kehidupan hewan dan keunikannya. 

Ini 11 rangkuman cerita memukau tentang dunia binatang. 

1. Kucing Liar Afrika yang Langka Tertangkap Kamera.

kucing hitam afrikakucing hitam afrika kucing hitam afrika

Kucing saat ini menjadi hewan rumahan yang disayang pemiliknya. Tapi bidikan kamera Sergio Pitamitz menangkap sesuatu yang langka, yaitu kucing hitam liar Afrika.

Pitamitz menemukan itu di Taman Nasional Tsavo di Kenya pada Februari 2017 lalu. Dia melihat seekor kucing liar berwarna hitam pekat seluruh tubuhnya yang mirip seperti cheetah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kisah Buaya Berkalung Ban dan Kenyataan Menyedihkan Lingkungan Kita

Eduardo Eizrik, seorang ahli biologi dan ahli pewarnaan melanisme dari Universitas Katolik Kepausan Rio Grande do Sul, Brasil menyebut hewan ini mengalami melanistik. Melanistik sendiri adalah kelainan gen yang menyebabkan sekujur tubuh hewan tersebut berwarna hitam pekat.

2. Tokek yang Melepaskan Kulitnya

tokek anehtokek aneh tokek aneh

Mungkin sekilas tak ada yang aneh dengan tokek yang melepaskan kulitnya. Tapi bidikan foto ini terlihat aneh bahkan mungkin menyeramkan.

Pasalnya, tokek yang sedang melepaskan kulitnya itu terlihat seperti daging ayam mentah.

Untuk tokek, melepaskan kulit dengan cepat semacam itu merupakan pertaruhan hidup dan mati. Geckolepis megalepis adalah spesies tokek di Madagaskar yang bisa melepaskan kulit sesuai permintaan, bahkan hingga ke ototnya.

Menurut sebuah penelitian, makhluk tropis tersebut termasuk dalam empat spesies kadal lain yang memiliki bertahan dari predator dengan melepaskan kulit.

3. Seekor luwak mengubur sapi sendirian


Selama lima hari seekor luwak di Great Basin, Utah, Amerika Serikat menggali tanah untuk mengubur anak sapi. Bahkan luwak tersebut kemudian menutupi bangkai sapi tersebut dengan sempurna dan membangun lubang di sampingnya.

Menurut sebuah laporan, hal yang terjadi kemudian adalah luwak tersebut menikmati daging sapi itu selama 11 hari berturut-turut di dalam terowongan.

Baca juga: Inilah Hiu Paling Sial di Dunia, Mati karena Tersedak Mangsanya

Padahal menurut berbagai literatur ilmiah, belum ada yang mencatat bahwa seekor luwak mengubur hewan yang lebih besar dari seekor kelinci.

4. Singa yang menyusui macan tutul

Singa dan macan tutulSinga dan macan tutul Singa dan macan tutul

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.