Kompas.com - 11/12/2017, 19:45 WIB
Murid-murid SD Negeri 2 Sukamaju Baru Depok jalani imunisasi difteri. KOMPAS.com/IWAN SUPRIYATNAMurid-murid SD Negeri 2 Sukamaju Baru Depok jalani imunisasi difteri.
|
EditorMichael Hangga Wismabrata

KOMPAS.com - Dalam rangka menekan angka difteri, sudah ada tiga provinsi yang melakukan imunisasi ulang atau ORI (Outbreak Response Immunization) per Senin (11/12/2017).

Tiga wilayah itu adalah DKI Jakarta,  Jawa Barat, dan Banten. Ketiga provinsi itu memiliki pengidap difteri paling banyak.

Namun di tengah outbreak itu, masih ada saja pihak yang menentang vaksinasi. Padahal, salah satu penyebab difteri merebak lagi adalah minimnya vaksinasi.

Ada yang menganggap vaksin menakutkan, mulai dari membuat anak panas hingga menyebabkan penyakit.

Soedjatmiko, Sekretaris Satgas Imunisasi IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), mengatakan," "Jangan ikut-ikutan orang-orang yang menakut-nakuti bahwa imunisasi berbahaya."

"Karena penyakitnya (difteri) sangat berbahaya. Terbukti menyerang 600 anak dan 38 anak cucu kesayangan kita telah meninggal," imbuhnya.

Baca Juga : Kupas Habis Difteri, Bagaimana Penyakit Kuno Jadi Hantu pada 2017?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia mengatakan, Imunisasi DPT, DT, TD  rutin  dilakukan di seluruh negara pada tiap hari kerja, karena terbukti bermanfaat dan aman.

"Hal ini sudah disimpulkan oleh penelitian kelompok-kelompok pakar di semua negara," tukasnya.

Dia menjelaskan bahwa salah satu efek usai mendapat imunisasi adalah anak mengalami sedikit bengkak, merah, nyeri, atau demam. Hal itu reaksi normal.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X