Kompas.com - 02/12/2017, 16:56 WIB
Ilustrasi Human Immunodeficiency Virus (HIV) Fine Art AmericaIlustrasi Human Immunodeficiency Virus (HIV)
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - HIV/AIDS masih menjadi momok bagi banyak orang di seluruh dunia. Saking menakutkannya, dunia seakan berakhir ketika seseorang di vonis terinfeksi HIV.

Anggapan ini setidaknya akan terus ada selama kita belum mendapatkan pengobatan serta pencegahan yang lebih baik dari saat ini.

Memang hingga saat ini memang belum ada obat mumpuni untuk mencegah atau menyembuhkan penyakit ini. Namun bukan berarti ilmuwan kemudian menyerah untuk terus berupaya menemukan penyembuh dari HIV/AIDS.

Seperti sebuah berita yang datang dari Afrika selatan ini, dimana Johnson & Johnson, Institut Kesehatan Nasional Amerika Serikat dan Yayasan Bill & Melinda Gates berkolaborasi menguji penggunaan vaksin HIV pada 2.600 wanita di Afrika selatan selama tiga tahun kedepan.

Dosis pertama vaksin HIV digunakan untuk sistem kekebalan tubuh, sementara yang kedua untuk meningkatkan respon tubuh.

Vaksin ini menggabungkan protein dari berbagai galur HIV untuk menciptakan 'kepingan' yang diharapkan dapat mencegah infkesi dari jenis HIV.

Baca Juga : Ibu Rumah Tangga Lebih Rentan Terinfeksi HIV daripada PSK, Kok Bisa?

"Kami membuat kemajuan dan berharap vaksin HIV mencapai efektivitas di atas 50 persen," kata Paul Stoffels, Chief Scientist Officer di Johnson & Johnson dikutip dari Futurism, Kamis (30/11/2017).

Masih ada lagi yang akan segera menguji vaksin HIV. ViiV Healthcare akan menguji vaksin mereka di sub-Sahara Afrika.

Pengujian ini akan melibatkan 3.200 perempuan yang akan menerima suntikan setiap dua bulan untuk melihat kemampuan mengobati HIV. Harapannya, hasil pengujian ini bisa dilihat pada Mei 2020.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.