Kompas.com - 29/11/2017, 21:06 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Siklon tropis Dahlia lahir di barat daya Bengkulu. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan kelahirannya pada Rabu (29/11/2017) pukul 19.00.

Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Mulyono Rahadi Prabowo, berkata bahwa siklon tropis Dahlia bakal lebih kuat dan lebih awet dibandingkan Cempaka.

Pergerakan siklon tropis Dahlia sekitar 12 km/jam ke arah timur tenggara sementara kecepatan angin maksimum di pusatnya mencapai 75 km/hjam.

“Besok akan mengikat lagi intensitasnya. Meski pergerakan siklon tropisnya bergeser 7 knot atau 12 km per jam tapi kecepatannya angin maksimum di pusat siklon bisa sampai 85 km per jam,” kata Mulyono.

Menurut Mulyono, posisi siklon tropis Dahlia yang berada di tengah laut juga akan membuat fenomena ini lebih awet dibandingkan Cempaka.

Baca Juga : Siklon Tropis Cempaka Luruh, Kini Siklon Baru Bernama Dahlia Lahir

Hal itu terjadi karena sumber energi dari siklon berasal dari suhu muka laut yang lebih hangat. Menurut Mulyono, siklon tropis Dahlia mungkin bisa bertahan 5-7 hari ke depan.

Bagaimana dengan dampak ke daratan utama? Tak berarti lebih besar dari Cempaka. Siklon tropis Cempaka menimbulkan dampak besar karena tempat lahirnya yang sangat dengan daratan.

Siklon tropis Dahlia tercipta pada 8,2 derajat Lintang Selatan dan 10,8 derajat Bujur Timur atau sekitar 470 Km sebelah di barat daya Bengkulu. Sementara Cempaka hanya berjarak 100 km dari daratan.

Meskipun demikian, BMKG menghimbau masyarakat untuk tetap waspada di tengah cuaca ekstrem, khususnya masyarakat yang beraktivitas di laut.

BMKG juga meminta masyarakat untuk tidak berlindung di bawah pohon selama cuaca ekstrem mengingat banyaknya pohon yang tumbang akibat siklon.

Baca Juga : Banjir di Yogyakarta, Apakah Cuma gara-gara Siklon Cempaka?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.