Kompas.com - 23/11/2017, 08:07 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com - Bicara politik dengan orang lain terkadang bisa berujung percekcokan bahkan perkelahian. Apa yang mereka pikirkan hingga tega saling hantam dan melukai pendukung lawan partai politiknya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sekelompok peneliti otak dan saraf di Universitas California (USC) melakukan studi pencitraan resonansi magnetik (MRI).

Hasilnya, kata ahli saraf di Institut Otak dan Kreativitas di USC, sangat relevan dalam menjelaskan respons otak seseorang saat menanggapi berita politik, palsu atau kredibel, selama pemilihan umum.

Dalam studi ini, 40 orang yang dianggap sebagai kaum liberal diperiksa melalui MRI fungsional untuk mengetahui bagaimana otak mereka merespons ketika keyakinan politis mereka dipertanyakan.