Kompas.com - 21/11/2017, 20:37 WIB
Planet lain di luar tata surya. Planet lain di luar tata surya.
|
EditorGloria Setyvani Putri

KOMPAS.com - Sudah sejak lama film Hollywood mengangkat tema soal alien dan luar angkasa. Seakan di luar sana ada alien sungguhan yang dapat berkomunikasi dengan manusia. Lihat saja film-film dari Star Wars, Star Trek, Alien.

Rasa penasaran tentang mahkluk yang menghuni planet lain, rasanya bukan hanya milik pembuat atau penonton filmnya. Hal ini juga dirasakan oleh para astronot sejak dulu yang waktunya dihabiskan untuk membahas Tata Surya.

Belum lama ini, para astronom telah memutuskan untuk mencoba berkomunikasi dengan kehidupan di luar Bumi. Mereka mengirimkan pesan radio ke sistem bintang tetangga yang jaraknya cukup dekat dengan Bumi.

Sasarannya adalah GJ 273 atau juga dikenal dengan bintang Luyten yang berada di rasi bintang Canis Minor. Jaraknya hanya 12 tahun cahaya dari Bumi.

Pada Maret lalu, Layten diketahui memiliki dua planet. Salah satu planet yang mengorbit, dikenal sebagai GJ 273b dan diprediksi memiliki potensi menampung air dan mungkin kehidupan.

Baca Juga: Mungkinkah China jadi Negara Pertama yang akan Bertemu Alien?

Pesan tersebut dikirim oleh Messaging Extraterrestrial Intelligence (METI) International dari pemancar Eiscat di Tromsø Norwegia pada Oktober lalu, menggunakan gelombang radio yang disebut dengan 'Sonar Calling GJ273b'. Presiden dan pendiri METI, Doug Vakoch, percaya bahwa pesan sandinya dapat diterima oleh kehidupan yang cerdas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apa isi pesannya?

Pesan ini dikirim pada peringatan ulang tahun 'pesan Arecibo'. Sebuah pesan radio untuk cluster bintang yang dikirim 1974 lewat teleskop radio Arecibo di Puerto Riko. Pesan Arecibo saat itu berisi informasi tentang planet tata surya, struktur DNA, gambar mirip manusia, dan informasi dasar lainnya tentang bumi dan penghuninya.

"Pesan berseri dari antena di Norwegia ini lebih sederhana dan mungkin lebih mudah dipahami," ujar Vakoch seperti dilansir dari New Scientist, Kamis, (16/11/2017).

Isinya antara lain informasi tentang perhitungan aritmatika, geometri dan trigonometri, juga mencakup deskripsi gelombang radio yang memuat pesan, serta tutorial tentang jam dan ketepatan waktu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.