Kompas.com - 21/11/2017, 20:37 WIB
Planet lain di luar tata surya. Planet lain di luar tata surya.
|
EditorGloria Setyvani Putri

KOMPAS.com - Sudah sejak lama film Hollywood mengangkat tema soal alien dan luar angkasa. Seakan di luar sana ada alien sungguhan yang dapat berkomunikasi dengan manusia. Lihat saja film-film dari Star Wars, Star Trek, Alien.

Rasa penasaran tentang mahkluk yang menghuni planet lain, rasanya bukan hanya milik pembuat atau penonton filmnya. Hal ini juga dirasakan oleh para astronot sejak dulu yang waktunya dihabiskan untuk membahas Tata Surya.

Belum lama ini, para astronom telah memutuskan untuk mencoba berkomunikasi dengan kehidupan di luar Bumi. Mereka mengirimkan pesan radio ke sistem bintang tetangga yang jaraknya cukup dekat dengan Bumi.

Sasarannya adalah GJ 273 atau juga dikenal dengan bintang Luyten yang berada di rasi bintang Canis Minor. Jaraknya hanya 12 tahun cahaya dari Bumi.

Pada Maret lalu, Layten diketahui memiliki dua planet. Salah satu planet yang mengorbit, dikenal sebagai GJ 273b dan diprediksi memiliki potensi menampung air dan mungkin kehidupan.