Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kali Gempa Guncang Bali, BMKG Imbau Warga Tidak Panik

Kompas.com - 09/11/2017, 09:17 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Kamis (9/11/2017) pagi, warga Karangasem, Bali dikejutkan dengan gempa sekitar pukul 05.54 WITA. Setelah gempa pertama, terjadi 5 kali gempa susulan hingga pukul 07.00 WITA.

Di beberapa daerah di Bali, gempa dilaporkan kuat sehingga membuat warga berhamburan keluar rumah karena panik. Bahkan di Kecamatan Abang, Karangasem, Bali berapa atap rumah warga dilaporkan roboh.

Menanggapi hal tersebut, BMKG meminta warga agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dipertanggung jawabkan karena kekuatan gempa terus mengecil.

Baca juga: Ramalan Gempa dan Tsunami Akhir 2017 Beredar, Apa Kata BMKG?

Dalam rilis resmi yang dikirim oleh Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, kepada Kompas.com, Kamis (9/11/2017), gempa tersebut merupakan gempa tektonik berkekuatan 4,8 Skala Richter. Pusat gempa berada pada jarak 5 kilometer arah selatan Kubu, Karangasem, Bali.

Peta guncangan gempa Bali, Kamis (9/11/2017)BMKG Peta guncangan gempa Bali, Kamis (9/11/2017)

Tepatnya pada koordinat 8,3 Lintang Selatan dan 115,55 Bujur Timur. BMKG juga mencatat gempa ini beradapada kedalaman 10 kilometer.

"Ditinjau dari hiposenter (titik kejadian gempa bumi), gempa ini termasuk gempa dangkal akibat aktivitas patahan lokal," ujar Daryono.

Dalam peta wilayah guncangan dan laporan warga, gempa ini dirasakan di Karangasem, Bangli, Gianyar, Buleleng Timur, hingga Denpasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com