Makhluk Ini Akan Mendahului Manusia ke Ruang Antarbintang

Kompas.com - 08/11/2017, 13:27 WIB
Lutfy Mairizal Putra

Penulis

KOMPAS.com – Kebutuhan untuk menjelajahi tata surya menjadi tantangan baru dalam mengungkap rahasia alam. Bukan tidak mungkin bila nantinya manusia mendapatkan rumah baru selain Bumi.

Namun, meski menjadi cita-cota besar manusia, penjelajahan alam semesta untuk pertama kali tidak akan dilakukan langsung oleh manusia sendiri.

Para ilmuwan berencana mengirim tardigrada, makhluk kecil nan gemuk yang punya delapan kaki. Hewan yang punya julukan beruang air ini akan melakukan perjalanan hidup pertama melewati awan Oort dan memasuki ruang antar bintang.

Seperti diwartakan Livescience pada Senin (6/11/2017), tardigrada punya kemampuan yang tak dimiliki organisme lain. Mereka tahan terhadap tantangan hidup dan radiasi alam semesta. Tardigrada tak mati walau direbus.

Tekanan ekstrem maupun dingin ekstrem juga tak berhasil membunuh tardigrada.

Bahkan, sebuah penelitian yang dipulikasikan di jurnal Scientific Reports pada 14 Juli 2017, hantaman asteroid, ledakan supernova, serta ledakan radiasi gamma antar bintang tak mampu menyingkirkam tardigrada selamanya.