Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Menguap Bisa Menular? Sains Menyelidikinya

Kompas.com - 26/10/2017, 12:00 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Penulis

KOMPAS.com- Menurut Anne Marie Helmenstine, Ph.D, seorang penulis rubrik sains dan ahli matematika dan fisika, semua makhluk hidup yang bertulang belakang menguap.

Lalu, 60 sampai 70 persen manusia mengaku ikut menguap setelah melihat orang lain menguap, meskipun hanya melalui foto.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Sejumlah penelitian terkait topik tersebut menemukan beberapa hal unik.

Menguap merupakan tanda rasa empati

Menurut penelitian pada tahun 2010 di Universitas Connecticut, anak-anak baru belajar untuk ikut menguap pada usia empat tahun. Hal ini disebabkan oleh perkembangan mengolah rasa empati yang baru dimulai pada umur empat tahun.

Para peneliti juga mengamati para anak-anak penyandang autisme dan menemukan bahwa mereka lebih jarang terpengaruh untuk ikut menguap dibandingkan dengan anak-anak sebayanya.

Baca juga: 5 Perilaku yang "Menular"

Korelasi antara empati dan tertular menguap semakin dikuatkan oleh penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2015, kali ini terhadap orang dewasa.

Partisipan mengerjakan sebuah tes kepribadian dan diminta untuk melihat gambar atau video orang sedang menguap. Hasilnya, orang yang memiliki kadar empati rendah, lebih jarang ikut menguap.

Hubungan menguap dengan usia

Akan tetapi, tidak semua studi menyetujui teori di atas. Menurut penelitian yang dilakuan oleh Pusat Penelitian Gen Manusia di Duke, dan sudah dipublikasikan di jurnal PLOS ONE, faktor umur sangat erat dengan permasalahan menguap tersebut.

Setelah mempelajari 328 orang dalam sebuah eksperimen, para peneliti mengonklusikan bahwa empati, waktu, dan kecerdasan seseorang tidak ada hubungannya dengan ketularan menguap.

Sebaliknya, para peneliti menemukan korelasi antara menguap dengan usia, di mana orang-orang yang lanjut usia lebih jarang ikut menguap setelah melihat orang lain menguap. Namun, karena kelompok usia ini hanya delapan persen di antara partisipan, para peneliti berniat untuk mengembangkan eksperimen tersebut dan mencari faktor genetik.

Baca juga : Inilah Mengapa Menguap Itu Menular

Penelitian pada hewan

Seperti dilansir pada laman www.thoughtco.com, kita bisa menemukan petunjuk penting yang menjelaskan mengapa manusia bisa ketularan menguap dengan meneliti perilaku menguap pada hewan.

Penelitian di Universitas Kyoto di Jepang, khususnya di Institut Penelitian Primata, mengamati enam simpanse. Dua diantaranya menunjukkan perilaku tertular menguap setelah menonton video simpanse lain menguap, sedangkan tiga bayi simpanse tidak terpengaruh menguap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com