Kompas.com - 20/10/2017, 23:02 WIB
Posyandu Cerdas Shierine Wangsa WibawaPosyandu Cerdas
|
EditorYunanto Wiji Utomo

MANADO, KOMPAS.com -- Rumah desa sehat adalah salah satu nawa cita Joko Widodo. Prinsip tersebut telah terealisasi di Manado, Sulawesi Utara dalam bentuk Posyandu Cerdas "Mawar" di Kelurahan Kleak.

Bersama Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat dr Anung Sugihantono, MKes, Kompas.com berkesempatan untuk mengunjungi posyandu yang telah terintegrasi lansia dan balita ini pada hari Kamis (19/10/2017).

Kedatangan Anung dan wartawan disambut oleh warga lansia kelurahan Kleak yang sedang senam pagi. Salah seorang lansia berkata bahwa "Opa dan Oma" di sini selalu melakukan senam pagi di Posyandu Cerdas "Mawar" setiap minggu.

Selain senam pagi, gedung ini juga dipakai sebagai posyandu sebulan sekali, PAUD sebulan sekali, tempat ibadah, dan lokasi kegiatan puskesmas keliling yang diadakan oleh Puskesmas Bahu.

"Jadi inilah yang disebut prinsip rumah desa sehat. Kita menempatkan sebuah fasilitas umum yang bsia dipakai untuk semua kegiatan ukbm kelurahan. Jadi kita bukan fokus gedung fisiknya, tetapi kegiatan-kegiatan ini," kata Anung.

Posyandu ini melayani 80 persen warga kelurahan Kleak, tetapi karena telah terintegrasi, jumlah dokter dan suster bertugas yang dibutuhkan hanya satu.

Petugas kesehatan tersebut didatangkan oleh Puskesmas Bahu, sebuah puskesmas berakreditasi Madya yang melayani setidaknya 100 pasien per hari,  60-100 kelahiran per bulan, inisiasi dini untuk setiap kelahiran, dan 144 kemampuan diagnosis.

Menurut Anung, posyandu cerdas seperti Mawar belum ada di banyak kota-kota besar, termasuk Jakarta. "Makanya saya mengusulkan di rptra ada ruangan yg bisa dipakai untuk seperti ini," ujarnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X