Kompas.com - 20/10/2017, 19:00 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Pernahkah Anda berpikir bahwa anjing merupakan ahli manipulasi? Dengan "mata anak anjing"-nya, mereka membuat jantung Anda berdebar.

Sebuah penelitian yang dipubikasikan pada Kamis (19/10/2017) menyebutkan bahwa pemilik anjing telah mencurigai bahwa hal tersebut sebuah tipuan.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports itu menunjukkan bahwa anjing mungkin menggunakan ekspresi wajahnya untuk berkomunikasi.

Sampai sekarang, asumsi yang berkembang adalah ekspresi anjing tidak disengaja.

Baca: Aksi Lucu Anjing Menaklukkan Ombak dalam Kontes Selancar

Namun, penelitian terbaru ini menyarankan, bagaimanapun, teman terbaik manusia ini sangat mungkin menyadari reaksinya atau tuannya akan cemberut.

"Teuan ini tampaknya mendukung bukti, bahwa ekspresi berpotensi untuk menjadi bentuk komunikasi yang aktif, tulis co-author Juliane Kaminski dari University of Portsmouth dikutip dari AFP, Kamis (19/10/2017).

Dalam serangkaian percobaan dengan berbagai jenis anjing peliharaan, mereka menemukan bahwa hewan "menggerakkan wajah mereka" lebih banyak saat manusia memperhatikannya.

Peneliti menemukan, anjing paling sering menggunakan ekspresi melebarkan alis untuk membuat mata mereka terlihat lebih besar dan menghasilkan "mata anak anjing" yang membuat hati siapa saja meleleh.

Ketika orang membelakangi mereka, atau teralihkan, wajah anjing menjadi kurang aktif, terlepas orang tersebut menawarkan makanan atau tidak.

Halaman:
Sumber AP, AFP


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.