Kompas.com - 16/10/2017, 18:45 WIB
Dryococelus australis. Rohan Cleave/Melbourne ZooDryococelus australis.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com – Seekor serangga batang Dryococelus australis yang hidup di Pulau Lord Howe, Australia bangkit dari kepunahannya.

Serangga berbentuk menyerupai lobster itu sempat dinyatakan punah pada tahun 1920an.

Tahun 1960an, sekelompok pemanjat tebing di Piramida Bola, tumpukan batu vulkanik yang terletak 20 Km tenggara Pulau Lord Howe, menemukan bangkai menyerupai D. australis. Tapi tak berhasil mengidentifikasi.

Alhasil, serangga itu resmi dinyatakan punah pada tahun 1986.

Kepunahan D. australis dipicu oleh tikus hitam yang terbawa oleh kapal karam di Pulau Lord Howe pada 1918. Kapal tersebut bersandar 600 Km (370 mil) di lepas pantai timur Australia.

Tak hanya D. australis yang dikunyah hingga punah oleh sang tikus. Lima burung, dua tumbuhan dan 12 invertebrata yang tak dapat ditemukan di tempat lain juga lenyap.

Berkat kerja keras para peneliti, pada 2001 beberapa serangga kecil ditemuan hidup di pohon teh di Piramida Bola. Tak pikir panjang, program pengembangbiakkan langsung dilakukan.