Kompas.com - 13/10/2017, 16:12 WIB
Eksperimen Tidur NASA DLREksperimen Tidur NASA
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Baru-baru ini, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) membuka lowongan yang tidak biasa. Mereka mengundang para relawan untuk berbaring di tempat tidur selama 30 hari penuh.

Eksperimen ini dilakukan dalam rangka perjalanan ke antariksa, terutama untuk menyelidiki efek tekanan cairan pada mata dan saraf optik astronot.

Dikutip dari siaran pers, NASA berkata bahwa eksperimen ini dimaksudkan untuk menghasilkan respons adaptif dalam tubuh yang serupa dengan apa yang dialami para astronot di lingkungan mikrogravitasi.

"Kondisi ini akan meniru lingkungan yang diduga menyebabkan masalah pengelihatan yang dialami oleh beberapa astronot," tulis mereka.

(Baca juga: 8 Bulan Tinggal di "Mars", Para Astronot Akhirnya Pulang Kampung)

Relawan yang terpilih akan menghabiskan waktu selama satu bulan penuh di tempat tidur besar yang dimiringkan ke bawah dengan sudut enam derajat. Mereka harus tetap berada di posisi itu sepanjang waktu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Relawan bahkan tidak diperbolehkan bangun untuk buang air kecil maupun mandi, termasuk juga duduk tegak untuk makan.

Dengan posisi itu juga, relawan akan mengirup udara yang jauh lebih tinggi karbondioksidanya (CO2) dibandingkan dengan udara normal yang dihirup sehari-hari di bumi.

Menjawab tantangan tersebut, sebanyak 12 peserta telah tiba di fasilitas seni milik Badan Antariksa Jerman.

Mereka akan melalui pengumpulan data dasar terlebih dahulu sebelum akhirnya menjalankan 'misi' mereka di kamar tidur khusus selama 30 hari ke depan tanpa bertemu teman-teman dan keluarga mereka.

(Baca juga: NASA Balas Surat Lamaran Kerja dari Anak 9 Tahun)

Semua peserta akan dipantau secara ketat agar para peneliti bisa lebih memahami perubahan yang dialami tubuh seseorang di luar angkasa, terutama menyangkut tekanan pada mata dan saraf optik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.