Kali Pertama di Dunia, Operasi Bedah DNA di Embrio Manusia Dilakukan

Kompas.com - 04/10/2017, 09:17 WIB
Penyuntingan dasar atau base editing mengubah blok bangunan mendasar dari DNA Getty Images via BBC IndonesiaPenyuntingan dasar atau base editing mengubah blok bangunan mendasar dari DNA

KOMPAS.com -- 'Operasi kimia' yang teliti sudah dilakukan atas embrio manusia untuk mengangkat penyakit, yang merupakan pertama kali di dunia.

Satu tim peneliti di Universitas Sun Yat-sen di Guangzhou, China, mengatakan kepada BBC bahwa mereka menggunakan teknik yang disebut base editing atau 'penyuntingan dasar' untuk memperbaiki kesalahan tunggal dari tiga milar 'huruf' dalam kode genetika manusia.

Mereka mengubah embrio yang diciptakan di laboratorium untuk mengangkat penyakit beta-thalassemia namun embrio itu tidak ditanamkan ke manusia.

(Baca juga: Kali Pertama, Ilmuwan Hapuskan DNA Penyakit dari Embrio Manusia)

Pendekatan tersebut, menurut tim peneliti, pada suatu hari kelak mungkin bisa menyembuhkan rangkaian penyakit turunan.

Penyuntingan dasar mengubah blok bangunan mendasar DNA: empat dasar adenine, cytosine, guanine and thymine -yang umumnya dikenal dengan huruf awalnya A, C, G, dan T.

Semua instruksi untuk membangun dan menjalankan tubuh manusia dikodekan dalam kombinasi keempat dasar tersebut.

Penyakit penyimpangan darah beta-thalassemia, yang berpotensi mematikan, disebabkan oleh satu perubahan dasar tunggal dalam kode genetika, yang dikenal dengan titik mutasi.

Beta-thalassemia, yang berpotensi mematikan, disebabkan oleh satu perubahan dasar tunggal dalam kode genetikaGetty Images via BBC Indonesia Beta-thalassemia, yang berpotensi mematikan, disebabkan oleh satu perubahan dasar tunggal dalam kode genetika

Tim di Universitas Sun Yat-sen kemudian menyuntingnya untuk dikembalikan lagi.

Mereka mengindai DNA untuk mengidentifikasi kesalahan dan mengubah G menjadi A sebagai cara memperbaiki penyimpangannya.

Salah seorang peneliti, Junjiu Huang, mengatakan kepada BBC, "Kami yang pertama kali memperagakan kelayakan dari penyembuhan penyakit genetika di embrio manusia dengan sistem penyuntingan dasar."