Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Operasi" Embrio Pertama di Dunia Digelar untuk Angkat Bibit Penyakit

Kompas.com - 01/10/2017, 20:55 WIB

KOMPAS.com - "Operasi kimia" yang teliti dilakukan pada embrio manusia untuk mengangkat penyakit. Ini merupakan pertama kali di dunia.

Satu tim peneliti di Universitas Sun Yat-sen di Guangzhou, Cina, mengatakan kepada BBC bahwa mereka menggunakan teknik yang disebut base editing atau 'penyuntingan dasar' untuk memperbaiki kesalahan tunggal dari tiga milar 'huruf' dalam kode genetika manusia.

Mereka mengubah embrio yang diciptakan di laboratorium untuk mengangkat penyakit beta-thalassemia namun embrio itu tidak ditanamkan ke manusia.

Pendekatan tersebut, menurut tim peneliti, pada suatu hari kelak mungkin bisa menyembuhkan rangkaian penyakit turunan.

Penyuntingan dasar mengubah blok bangunan mendasar DNA: empat dasar adenine, cytosine, guanine and thymine -yang umumnya dikenal dengan huruf awalnya A, C, G, dan T.

Semua instruksi untuk membangun dan menjalankan tubuh manusia dikodekan dalam kombinasi keempat dasar tersebut.

Penyakit penyimpangan darah beta-thalassemia, yang berpotensi mematikan, disebabkan oleh satu perubahan dasar tunggal dalam kode genetika, yang dikenal dengan titik mutasi.

Tim di Universitas Sun Yat-sen kemudian menyuntingnya untuk dikembalikan lagi.

Mereka memindai DNA untuk mengidentifikasi kesalahan dan mengubah G menjadi A sebagai cara memperbaiki penyimpangannya.

Salah seorang peneliti, Junjiu Huang, mengatakan kepada BBC, "Kami yang pertama kali memperagakan kelayakan dari penyembuhan penyakit genetika di embrio manusia dengan sistem penyuntingan dasar."

Dia menambahkan penelitian mereka membuka jalan baru dalam mengobati pasien dan mencegah bayi lahir dengan beta-thalassemia dan 'bahkan penyakit-penyakit turunan lainnya'.

Percobaan dilakukan dengan selaput yang diambil dari seorang pasien yang menderita kelainan darah dan di dalam embrio manusia yang dikloning.

Penyuntingan dasar (base editing) merupakan kemajuan dari bentuk penyuntingan yang dikenal dengan Crispr, yang merupakan salah satu revolusi dalam sains.

Crispr merusak DNA dan ketika tubuh berupaya memulihkan kerusakan itu, maka akan menonaktifkan seperangkat instruksi yang disebut gen. Hal itu juga merupakan peluang untuk memasukkan informasi genetika yang baru.

Sementara base editing bekerja dengan prinsip bahwa dasar DNA itu sendiri yang mengubah satu dasar menjadi dasar yang lainnya.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com