Survei: Semakin Banyak Pemakai Narkoba yang Alami Gangguan Jiwa

Kompas.com - 29/09/2017, 16:04 WIB
Ekstasi dan sabu-sabu mempengaruhi zat-zat kimiawi di otak pemakainya yang pada gilirannya mempengaruhi kesehatan jiwa mereka. Supplied: Curtin UniversityEkstasi dan sabu-sabu mempengaruhi zat-zat kimiawi di otak pemakainya yang pada gilirannya mempengaruhi kesehatan jiwa mereka.

KOMPAS.com -- Sebuah laporan terbaru di Australia mengungkap, penyakit kejiwaan semakin umum terjadi di kalangan pemakai narkoba, terutama mereka yang memakai sabu-sabu dan ekstasi.

Meskipun jumlah pemakai obat terlarang ini mengalami sedikit penurunan, namun data National Drug Strategy Household Survey tahun 2016 dari Australian Institute of Health and Welfare (AIHW) menunjukkan, lebih banyak pemakai didiagnosis atau dirawat karena gangguan kejiwaan dibandingkan periode sebelumnya.

Jurubicara AIHW Matthew James kepada ABC menjelaskan, dari semua pemakai sabu-sabu dalam 12 bulan terakhir sebanyak 42,3 persen di antaranya dirawat atau didiagnosis mengalami gangguan kejiwaan.

"Jumlah ini cukup besar, dan meningkat dari 29 persen di tahun 2013," kata James.

Dia menambahkan bahwa tingkat gangguan kejiwaan yang melonjak tersebut dapat dikaitkan dengan pemakai yang menggunakan salah satu jenis methamphetamine paling ampuh yaitu sabu-sabu.

"Ada dua hal yang terjadi. Kita menyaksikan meningkatnya jumlah pemakai sabu-sabu dan orang cenderung memakai sabu lebih sering," katanya.

"Tapi kita juga melihat meningkatnya frekuensi pemakaian di kalangan pemakai sabu-sabu," tambahnya.

Pemakai ekstasi juga dilaporkan mengalami peningkatan gangguan kejiwaan.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa 27 persen di antaranya dirawat atau didiagnosis, menderita ganggun kejiwaan - lebih tinggi dibandingkan 18 persen pada tahun 2013.

Associate Professor Nicole Lee, dari National Drug Research Institute (NDRI), menjelaskan bahwa peningkatan dalam survei ini juga dapat dikaitkan dengan perubahan sikap seputar masalah kesehatan mental di Australia.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X