Kamera Baru Diciptakan, Bisa Meneropong Organ Manusia

Kompas.com - 13/09/2017, 07:06 WIB
Kamera baru ini bekerja dengan cara mendeteksi foton individu dalam tubuh manusia. Getty ImagesKamera baru ini bekerja dengan cara mendeteksi foton individu dalam tubuh manusia.
EditorShierine Wangsa Wibawa

Para ilmuwan di Inggris mengembangkan sebuah kamera yang bisa meneropong langsung ke dalam tubuh manusia.

Perangkat ini dirancang untuk membantu para dokter melacak piranti medis yang disebut endoskopi, saat pemeriksaan bagian dalam tubuh.

Hingga kini, para staf medis masih harus mengandalkan alat-alat pemindaian yang harganya mahal, seperti sinar-X, untuk melihat kemajuannya.

Kamera baru ini bekerja dengan mendeteksi berbagai sumber cahaya di dalam tubuh, seperti sinar yang terletak di ujung tabung lentur endoskopi.

Prof Kev Dhaliwal, dari Universitas Edinburgh, mengatakan, "Kamera ini memiliki potensi besar untuk digunakan dalam beragam aplikasi."

"Kemampuan perangkat ini untuk melihat lokasi endoskopi dalam tubuh sangat penting bagi dalam perawatan kesehatan, seiring dengan niat untuk meminimalkan pendekatan invasif dalam mengobati penyakit di masa depan."

Jaringan dan organ

Uji coba awal menunjukkan bahwa perangkat prototipe kamera ini bisa melacak sumber titik cahaya melalui jaringan sepanjang 20 cm dalam kondisi normal.

Pancaran cahaya endoskopi memang bisa menembus bagian dalam tubuh, namun biasanya menyebar atau memantul pada jaringan dan organ dan bukan bergerak langsung.

Hal itu menimbulkan masalah dalam mendapatkan gambaran yang jelas di mana sebetulnya alat itu berada.

Perangkat ini dirancang untuk membantu para dokter yang selama ini menggunakan endoskopi untuk melihat langsung keadaan tubuh manusia selama pemeriksaan internal.Getty Images Perangkat ini dirancang untuk membantu para dokter yang selama ini menggunakan endoskopi untuk melihat langsung keadaan tubuh manusia selama pemeriksaan internal.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X