Kompas.com - 16/08/2017, 22:17 WIB
Chilesaurus diegosuarezi Gabriel LioChilesaurus diegosuarezi
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com – Belum semua pengetahuan tentang dinosaurus terungkap. Penguasa bumi jutaan tahun lalu itu masih menyisakan banyak misteri yang menarik untuk dipelajari.

Baru-baru ini,peneliti menemukan fosil dinosaurus Chilesaurus diegosuarezi di Chile selatan dan mereka pun bingung.

Pasalnya, ciri fisik dinosaurus seukuran kuda nil ini berbeda dari kebanyakan dinosaurus pada umumnya.

Hewan itu punya ciri Theropoda yang merupakan karnivora layaknya T rex. Tapi, pinggulnya seperti burung dan gigi datarnya yang berbentuk daun menunjukkan ciri herbivora.

Chilesaurus juga memiliki lengan depan yang pendek seperti karnivora allosaurus. Namun bukan cakar tajam, melainkan jari pendek yang tak cocok menjadi karnivora.

Baca Juga: Ilmuwan Terkejut, Ada Dinosaurus Mirip Kasuari

Peneliti menduga, chilesaurus adalah ornithischia awal yang menandai terbelahnya dua garis besar dinosaurus: karnivora dan herbivora.

Dilansir dari Newsweek pada Selasa (15/8/2017), sejak muncul pada 230 tahun yang lalu dinosaurus terbagi menjadi dua kelompok berdasarkan struktur pinggulnya.

Ornithischia - istilah Yunani yang berarti "burung berpinggul" - memiliki struktur pinggul bercabang empat dengan tulang kemaluan yang mengarah ke bawah. Hewan ini menjadi nenek moyang burung modern.

Saurischia, atau "kadal berpinggul", punya pinggul bercabang tiga dengan tulang kemaluan mengarah ke atas. Dia merupakan nenek moyang reptil modern seperti buaya.

Sedangkan, Theropoda seperti Tyrannosaurus dan Velociraptor menjadi subdivisi Saurischia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.