Kompas.com - 16/08/2017, 22:17 WIB
Chilesaurus diegosuarezi Gabriel LioChilesaurus diegosuarezi
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com – Belum semua pengetahuan tentang dinosaurus terungkap. Penguasa bumi jutaan tahun lalu itu masih menyisakan banyak misteri yang menarik untuk dipelajari.

Baru-baru ini,peneliti menemukan fosil dinosaurus Chilesaurus diegosuarezi di Chile selatan dan mereka pun bingung.

Pasalnya, ciri fisik dinosaurus seukuran kuda nil ini berbeda dari kebanyakan dinosaurus pada umumnya.

Hewan itu punya ciri Theropoda yang merupakan karnivora layaknya T rex. Tapi, pinggulnya seperti burung dan gigi datarnya yang berbentuk daun menunjukkan ciri herbivora.

Chilesaurus juga memiliki lengan depan yang pendek seperti karnivora allosaurus. Namun bukan cakar tajam, melainkan jari pendek yang tak cocok menjadi karnivora.