Kompas.com - 09/08/2017, 17:07 WIB
Deep Mind berlari Deep Mind/YoutubeDeep Mind berlari
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Bagi Anda, gambar di atas mungkin terlihat aneh. Namun, ini adalah sesuatu yang luar biasa.

Kecerdasan buatan milik Google, DeepMind, baru saja belajar berlari secara otodidak tanpa pernah diberitahu bagaimana caranya oleh para peneliti.

Dilaporkan dalam makalah terbaru mereka yang berjudul Emergence of Locomotion Behaviours in Rich Environments, para peneliti ingin mengetahui efek dari reinforcement learning dalam mengajari sebuah komputer mengenai lingkungan yang baru dan kompleks.

(Baca juga: Google Ciptakan Kecerdasan Buatan yang Bisa Prediksikan Masa Depan)

Bila berhasil, pembelajaran ini akan bisa diterapkan pada robot untuk memetakan lingkungannya di dunia nyata.

Mereka pun membuat sebuah lingkungan virtual, lengkap dengan berbagai tantangan yang mirip lapangan parkour, dan menyuruh DeepMind untuk berangkat dari titik A ke titik B dalam tiga bentuk tubuh, yakni yang menyerupai manusia, yang hanya badan dan kaki, dan yang mirip laba-laba berkaki empat.

Hasilnya sangat luar biasa. Setelah jatuh berkali-kali, DeepMind tidak hanya belajar untuk berlari dengan gerakannya yang aneh, tetapi juga menaiki tangga, menghindari dinding, melompat, dan kayang.

Bahkan, para peneliti bisa mendorong-dorong DeepMind pada bagian dada dan kecerdasan buatan tersebut akan tetap mempertahankan keseimbangannya dan melaju.

(Baca juga: Ini 4 Bukti Kecerdasan Buatan Sudah Kalahkan Manusia)

Bila ketiga bentuk tubuh dibandingkan, para peneliti mendapati bahwa DeepMind paling efisien dan paling stabil ketika bergerak dalam bentuk laba-laba.

Sebaliknya, dalam bentuk tubuh manusia, DeepMind tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan tangannya dan membuat gerakan-gerakan aneh.

Simak bagaimana DeepMind berlari dalam video di bawah ini:


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.