Kompas.com - 06/08/2017, 21:35 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Fenomena astronomi menarik akan terjadi pada Senin (7/8/2017) malam hingga Selasa (8/8/2017) dini hari. Seperempat wajah bulan akan hilang karena gerhana bulan sebagian.

Fenomena itu bisa disaksikan oleh seluruh warga Indonesia. Bersiaplah mengabadikan gerhana terkahir tahun 2017 tersebut.

Astronom amatir Marufin Sudibyo mengatakan, gerhana akan berlangsung selama 5 jam 1 menit dengan kontak awal pada pukul 22.50 WIB.

Gerhana yang kasatmata terhitung dari kontak awal hingga kontak akhir umbra akan berlangsung selama 1 jam 55 menit.

Baca Juga: Sebuah Sinyal Beri Petunjuk soal Bulan Alien Pertama di Alam Semesta

Puncak gerhananya sendiri akan terjadi pukul Selasa dini hari 01.20 WIB. Saat itu, 24,6 persen cakram atau wajah bulan akan tertutup.

"Maka dapat kita katakan gerhana ini sebagai gerhana seperempat," ungkap Marufin dalam posting-nya di Facebook, Minggu (6/8/2017).

Berbeda dengan gerhana matahari yang membutuhkan peralatan khusus untuk mengamatinya, gerhana bulan bisa diamati dengan mata telanjang.

Gerhana bulan juga bisa diamati dalam wilayah yang lebih luas dan rentang waktu yang lebih lama daripada gerhana matahari.

Agar pengamatan nyaman, Anda perlu mencari tempat yang lapang. Tempat yang bebas polusi cahaya lebih baik sebab memungkinkan Anda mengamati benda-benda langit lain.

Baca Juga: Sebuah Gerhana Bintang Terjadi dan Warga Jogja Sukses Mengabadikannya

Sebenarnya, ada 4 gerhana yang terjadi tahun 2017, 2 gerhana bulan dan 2 gerhana matahari. Dia gerhana matahari tak bisa disaksikan sementara satu gerhana bulan hanya merupakan gerhana penumbra.

Karena itu, gerhana bulan Senin malam besok akan menjadi gerhana terindah bagi warga Indonesia pada tahun 2017. Jangan lupa saksikan!


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.