Ilmuwan Terkejut, Ada Dinosaurus yang Menyerupai Kasuari

Kompas.com - 31/07/2017, 20:38 WIB
Corythoraptor jacobsi Zhao ChangCorythoraptor jacobsi
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com – Kerangka dinosaurus Corythoraptor jacobsi ditemukan di bawah stasiun kereta api di Ganzhou, China selatan.

Penemuan dinosaurus itu mengejutkan kalangan ilmuwan karena setelah direkonstruksi, cirifisiknya menyerupai kasuari.

Kemiripan paling mencolok antara keduanya adalah sama-sama memiliki jengger. Peneliti menduga, bagian tubuh itu berfungsi untuk alat komunikasi dan menarik pasangan.

Selain jengger, kemiripan lainnya adalah leher panjang dan tubuh yang bulat menyerupai burung unta.

Baca Juga: Dinosaurus Terakhir yang Hidup di Bumi

Dengan tubuh setinggi 1,68 meter, C. jacobsi mampu berlari dengan cepat. Untuk bertahan hidup, ia dilengkapi dengan tiga cakar di setiap tangannya.

C. jacobsi diyakini hidup antara 66-100 juta tahun lalu pada masa akhir zaman Kretaseus, era terakhir dinosaurus sebelum terjadinya kepunahan masal akibat hantaman asteroid.

"Penemuan Crythoraptor jacobsi memberikan bukti yang belum pernah ada sebelumnya bahwa dinosaurus oviraptorid secara morfologi dan taksonomi jauh lebih beragam di daerah Ganzhou daripada di wilayah lain di dunia," kata Junchang Lu dari Chinese Academy of Geological Science dan rekannya di jurnal Scientific Reports, Kamis (27/7/2017).