Sebuah Gerhana Bintang Terjadi dan Warga Jogja Sukses Mengabadikannya

Kompas.com - 26/07/2017, 17:51 WIB
Bulan dan Regulus (titik di atas bulan) tepat sebelum gerhana. Mutoha Arkanuddin/Jogja Astro ClubBulan dan Regulus (titik di atas bulan) tepat sebelum gerhana.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Selasa (25/7/2017), bulan menelan "sebuah" bintang. Regulus, salah satu bintang terang yang bisa disaksikan dari bumi, hilang selama beberapa menit dari pandangan mata.

Sejumlah astronom amatir di Indonesia berhasil mengabadikan fenomena yang terjadi pada pukul 18.51 WIB kemarin itu.

Astronom amatir dan pembina Jogja Astro Club, Mutoha Arkanuddin, mengatakan, gerhana regulus kemarin istimewa. "Kita bisa menyaksikan seluruh tahap gerhana," katanya.

Regulus awalnya tampak di atas bulan. Seiring waktu berjalan, bintang paling terang di konstelasi Leo itu masuk dan hilang di balik bulan.

Sekitar satu jam kemudian, regulus muncul lagi dari sisi bulan yang lain, bersinar beberapa menit untuk kemudian tenggelam.

Baca Juga: Di Balik Muka Kering Kerontangnya, Bulan Menyimpan Air

Mutoha mengatakan, gerhana regulus sebenarnya bukan fenomena langka. Peristiwanya terjadi setidaknya setiap sebulan sekali.

"Itu karena orbit regulus ini berdekatan dengan orbit bulan. Jadi memang kerap tertutup oleh bulan," ungkapnya.

Meski demikian, itu tak berarti warga Indonesia bisa menikmati fenomenanya tiap bulan. Gerhana regulus bisa dibilang lebih random daripada gerhana matahari.

Dengan ukurannya yang kecil, regulus mudah tertutup oleh benda langit yang lebih besar, mulai dari planet sampai asteroid.

Peristiwa gerhana secara umum disebut okultasi. Bukan hanya bintang yang bisa mengalami okultasi, tetapi juga planet. Contoh, pada 18 September 2017 mendatang, Venus akan mengalami okultasi.

Sejumlah fenomena langit menarik akan terjadi pada 2017. Beberapa fenomena yang menonjol bisa dilihat di tautan berikut.


 

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X