Jengah Tenar, Wallace Biarkan Darwin Publikasikan Teori Evolusi

Kompas.com - 25/07/2017, 08:07 WIB
Alfred Russel Wallace London Stereoscopic & Photographic Company/Borderland MagazineAlfred Russel Wallace
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Nama Charles Darwin akan selalu dikenal sebagai penemu teori evolusi. Sementara rekannya, Affred Russel Wallace, orang yang justru pertama kali menciptakan istilah 'origin of species' atau asal usul spesies, tak banyak dikenang.

Namun, baru-baru ini surat-surat Wallace mengungkapkan fakta baru mengapa dia memilih untuk menjadi orang kedua dari lahirnya teori evolusi.

Surat dengan tulisan tangan ini mengungkap bagaimana ahli biologi Inggris ini tidak suka dengan publisitas dan lelah dengan penghargaan sepanjang hidupnya. Bukti ini sekaligus meruntuhkan spekulasi sebelumnya yang menyebutkan jika Darwin telah mencurangi Wallace.

Dalam surat kepada redakturnya, James Marchant, Wallace mengeluh jika ia lelah dengan puluhan medali-medali yang disematkan sepanjang hidupnya. Surat lain juga mengungkapkan bagaimana Wallace menolak untuk dilukis oleh John Collier, pelukis yang juga bertanggung jawab untuk melukis wajah Charles Darwin.

(Baca juga: Misteri Hewan yang Bikin Charles Darwin Bingung Kini Terpecahkan)

"Saya pikir mungkin saya terlalu tiba-tiba dalam menolak dan mungkin Collier merasa terluka," tulis Wallace dalam surat tersebut.

Surat-surat tersebut merupakan koleksi pribadi yang didalamnya terdapat juga tulisan tangan rancangan sebuah buku berjudul "Darwin and Wallace". Buku tersebut sudah dikerjakan olehnya, tetapi belum terselesaikan hingga akhirnya kematian menjemput Wallace pada tahun 1913.

Dalam draft tersebut, Wallace menjelaskan bagaimana dia dan Darwin sama-sama berkontribusi dalam teori evolusi.

Masih ada juga surat Wallace yang ditujukan kepada temannya. Saat itu Wallace dianugerahi Order of Merit, salah satu penghargaan tertinggi yang bisa diberikan kepada seorang warga sipil.

Namun, dalam sepucuk surat kepada temannya itu Wallace menolak undangan untuk menerima hadiah di Istana Buckingham karena dia tidak ingin membeli baju baru untuk acara tersebut.

Sebagai gantinya, Raja harus mengirim seorang petinggi ke rumah Wallace di Dorset untuk memberikan medali itu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X