Kompas.com - 20/07/2017, 08:06 WIB
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Meskipun ada beberapa jenis demensia – kondisi paling umum dari penderita penyakit Alzheimer - ada banyak tumpang tindih pada gejala yang ditimbulkan dari masing-masing kondisi akibat penyakit Alzheimer ini.

Demikian dikatakan Maree Farrow, ahli saraf kognitif pada Pusat Penelitian dan Pendidikan Penyerapan Demensia di University of Tasmania.

Dan kombinasi dari gejala-gejala itu bisa sangat bervariasi antara individu yang menderita tipe yang sama.

Jika beberapa hal berikut berlaku untuk Anda, ada baiknya mengunjungi dokter untuk mendapatkan saran dan mungkin rujukan ke spesialis.

(Baca juga: Inilah Jenis Olahraga Terbaik untuk Otak Anda)

Gejala-gejala awal:

1. Kehilangan memori jangka pendek

Kondisi ini terutama berkaitan dengan memori jangka pendek. Jadi, Anda akan lupa dengan percakapan atau acara yang baru -baru ini berlangsung, sementara ingatan anda akan pengalaman di masa lalu yang lebih jauh mungkin sangat utuh.

Sementara situasi seperti ini terjadi pada kita semua sampai batas tertentu, bila terjadi secara teratur, kondisi ini layak dikhawatirkan.

2. Kesulitan melakukan tugas yang biasa dikerjakan

"Ini merupakan tanda peringatan yang 'bagus', kalau saya bisa menyebutnya begitu," kata Dr Farrow.

"Jika kita dulu sangat baik dalam melakukan sesuatu, dan kita menjadi kurang mampu melakukan itu, itu bisa menjadi pertanda [demensia]."

Jika itu terjadi berulang kali, ini saja bisa menjadi alasan untuk menemui dokter Anda, katanya.

"Beberapa wanita yang selalu menjadi koki hebat misalnya secara bertahap mulai semakin sering melakukan kesalahan dan ini mungkin membuat mereka tidak ingin memasak lagi sama sekali."

Orang yang lebih muda mungkin mulai melakukan kesalahan dalam pekerjaan mereka, bahkan dalam pekerjaan yang selalu mereka lakukan.

3. Masalah bahasa

Berulang kali mengalami kesulitan untuk menemukan kata yang tepat untuk dikatakan, dan semakin, tidak mengingatnya setelah jeda waktu yang cukup lama.

Mengganti kata yang salah juga bisa terjadi - entah sengaja atau orang tersebut tidak menyadari.

Halaman:



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.