Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada-ada Saja, Pasien 67 Tahun "Simpan" 27 Lensa Kontak di Mata

Kompas.com - 19/07/2017, 08:07 WIB
Lutfy Mairizal Putra

Penulis

KOMPAS.com –- Dunia kedokteran dibuat bingung oleh apa yang dialami seorang pasien wanita berusia 67 tahun. Pasalnya, pasien tersebut memiliki 27 lensa kontak di belakang matanya.

Dilaporkan dalam British Medical Journal , pasien wanita yang tidak diidentifikasikan namanya tersebut telah memakai lensa kontak bulanan selama 35 tahun, tetapi jarang mengunjungi dokter mata.

Namun, penyakit katarak akhirnya memaksa sang pasien untuk melakukan operasi di Rumah Sakit Solihull, Inggris, pada November 2016 lalu. Dokter pun menyuntikkan anestesi ke matanya sebelum operasi dimulai, dan penemuan langka terjadi.

Di belakang matanya, dokter menemukan 27 lensa kontak yang terikat lendir menjadi satu gumpalan kebiruan.

(Baca juga: Remaja AS Mati karena Kopi dan Minuman Energi, Ini Pelajaran buat Kita)

"Dia cukup terkejut. Dua minggu setelah kita mengeluarkan gumpalan lensa tersebut, dia berkata bahwa kedua matanya terasa lebih nyaman," kata Rupal Morjaria, dokter yang tengah menjalani latihan spesialis oftalmologi dan salah satu penulis laporan, kepada Optometry Today.

Setelah dipublikasikan, kejadian ini pun menjadi perhatian para dokter spesialis mata yang tidak menyangka seseorang dapat kehilangan begitu banyak lensa kontak di dalam matanya tanpa merasakan gejala apa-apa.

Henry Leonard dari Association of Optometrists mengatakan, kita sering menemukan pasien dengan lensa kontak menyangkut di kelopak mata atas, terutama bila orang tersebut belum terampil dalam menggunakannya. Namun, kasus dengan lensa kontak sebanyak ini sangat langka.

(Baca juga: Pelajaran Berharga dari Kasus Remaja yang Buta karena Dilempar Telur)

"Kebanyakan pasien akan mengalami ketidaknyamanan dan kemerahan yang signifikan. Mereka juga berisiko terkena infeksi mata," tambahnya.

Morjaria dan koleganya menduga bahwa pasien wanita itu memiliki mata yang dalam sehingga benda asing dapat masuk dalam jumlah besar.

Dengan adanya penemuan itu, operasi katarak pun ditunda. "Wanita ini telah menyimpan lensa kontak di matanya untuk jangka waktu yang sangat lama. Oleh karena itu, kami tidak bisa melangsungkan operasi karena dia pasti memiliki banyak bakteri di matanya," kata Morjaria.

Melalui kasus ini, Morjaria pun berharap agar pengguna lensa kontak dapat mengambil pelajaran berharga.

"Di zaman ini, membeli lensa kontak dapat dilakukan dengan mudah secara online. Akibatnya, orang-orang menjadi lalai untuk melakukan pemeriksaan rutin. Lensa kontak bisa saja digunakan sepanjang waktu, tetapi jika tidak dimonitor dengan tepat, infeksi mata serius yang dapat membuat Anda kehilangan penglihatan bisa terjadi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com