Kompas.com - 11/07/2017, 20:11 WIB
Karang Perairan Dalam Vojce / Shutterstock Karang Perairan Dalam
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com – Bagi karang, cahaya matahari menjadi unsur penting bagi kelangsungan hidup. Namun, sinar berlebih pada perairan dangkal juga bisa mengacaukan.

Karang hidup secara simbiosis mutualisme dengan alga. Invertebrata laut ini menjadi rumah bagi alga mikroskopis dari genus Symbiodinium, yang biasa dikenal dengan zooxanthellae.

Alga memakan limbah karang dalam bentuk karbon dioksidan dan nitrogen. Sebagai gantinya, fotosintesis alga memghasilkan 90 persen protein yang dibutuhkan karang.

Radiasi sinar ultraviolet yang terlalu banyak dapat mengacaukan alga yang hidup di dalam tubuh karang.

Untuk mengatasinya, karang di perairan dangkal menghasilkan protein yang berfungsi sebagai tabir surya. Bila diamati, karang terlihat seperti bersinar.

Namun, cerita itu tak berlaku bagi karang yang hidup di perairan dalam. Pada kedalaman 165 meter, sinar matahari yang masuk sangat lemah.Diketahui, cahaya matahari hanya bisa menembus kedalaman 200 meter.

Lantas, bagaimana karang di sana bertahan hidup? Ilmuwan mengungkap, mereka ternyata menggunakan trik sulap.

Para peneliti dari University of Southampton telah mengungkap trik “sulap” karang di perairan dalam lewat penelitian yang dipublikasikan di Proceedings of the Royal Society B pada 5 Juli 2017.

Saat sinar matahari terlalu terang, karang menggunakan trik mengubah sinar pada panjang gelombang yang berbeda.

Sinar biru air laut diubah menjadi cahaya merah-jingga yang bisa diserap alga ke dalam sel mereka.