Kompas.com - 01/07/2017, 11:59 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.comBurung kutilang (Carpodacus mexicanus) di perkotaan Meksiko memiliki kebiasan aneh. Mereka mengumpulkan puntung rokok dan memasukannya ke dalam sarang.

Constantino Macías Garcia dari University of Mexico, bersama koleganya, telah menghabiskan waktu beberapa tahun untuk mempelajari kebiasaan tersebut.

Ia menduga, nikotin dan kimia lainnya yang terkandung dalam filter rokok digunakan untuk membantu menghalangi hama serangga.

Untuk mengonfirmasi hal itu, Macías Garcia bersamsa timnya melakukan percobaan terhadap 32 sarang burung kutilang.

Sehari setelah telur menetas, para peneliti memindahkan lapisan asli sarang dan menggantikanya dengan lapisan buatan.

Hal itu dilakukan untuk menghilangkan berbagai parasit yang mungkin telah masuk selama masa pengeraman.

Kemudian, para peneliti menambahkan kutu pada 10 sarang, kutu mati ke 10 sarang lainnya dan 12 sarang yang tersisa dibiarkan bebas dari kutu.

Para penliti menemukan bahwa kutilang dewasa secara signifikan lebih suka menambahkan serat filter rokok ke dalam sarang jika terdapat kutu.

Dengan adanya pertambahan material baru, rata-rata sarang burung bertambah 40 lebih berat dari pada sarang kutilang yang mengadung kutu mati.

Hasil penelitian itu menyebutkan bahwa burung kutilang menggunakan filter rokok untuk “mengobati” sarang mereka melawan kutu.