5 Kalangan Sipil Raih Indonesia Green Awards 2017

Kompas.com - 22/06/2017, 21:25 WIB
Mengajari anak mencintai lingkungan dengan berkebun SasiistockMengajari anak mencintai lingkungan dengan berkebun
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com – Partai Hijau Indonesia (PHI) memberikan penghargaan Indonesia Greens Award 2017 kepada lima masyarakat sipil yang telah berjuang dan memiliki kontribusi terhadap Indonesia.

Penghargaan diberikan terhadap nilai-nilai keberlanjutan, keadilan sosial, demokrasi akar rumput, penghargaan pada keragaman, kearifan ekologis dan tanpa kekerasan.

Pihak yang menerima penghargaan adalah Novel Baswedan dalam kategori Pejuang untuk Indonesia Bersih, LBH Jakarta untuk kategori Pejuang untuk Indonesia Adil, I Wayan "Gendo" Suardana untuk kategori Pejuang untuk Indonesia Lestari, Jaringan Masyarakat Peduli Kendeng untuk kategori Pejuang untuk Indonesia Lestari, dan Watchdog untuk kategori Pejuang untuk Inovasi Perubahan.

Salah satu dewan juri, Direktur Eksekutif Nasional Walhi Nur Hidayati mengatakan, penyaringan individu penerima penghargaan dilakukan melalui rekam jejak individu selama satu tahun sejak 5 Juni 2016 hingga 5 Juni 2017.

“Kami lihat mereka adalah orang-orang yang cukup menonjol. Calonnya banyak, ada belasan calon tapi mereka yang sekiranya bisa mewakili dari kategori itu,” kata Nur usai penyerahan penghargaan di kawasan Jakara Selatan, Rabu (21/6/2017).

John Muhammad dari PHI mengatakan, penghargaan diberikan sebagai cara mempromosikan dan mendukung agenda perjuangan masyarakat sipil.

Istilah “hijau”, kata dia, tidak lagi sekedar dimakanai sebagi wacana lingkungan hidup namun juga berkembang pada menjadi kategori yang lebih luas, seperti adil, lestari, merdeka.

“Kita menginginkan kalau partai hijau ingin menjadi lengan masyarakat sipil, kami membantu mereka, kami mempromosikan dan mendorong kampanye mereka,” kata John.

John mengatakan, para pemenang akan didorong untuk menjadi nominasi pada penghargaan serupa di tingkat regional, Pasific Greens Award dan tingkat global, Global Greens Award.

John berharap penghargaan tersebut dapat menjadi inisiasi bagi dukungan terhadap perjuangan masyarakat sipil.

“Karena partai hijau itu punya komunitas di tingkat Asia Pasifik dan di tingkat global, para pemenang ini didorong untuk ikut di Asia Pasific Greens Award dan Global Greens Award. Orang-orang ini kami yakini untuk mempromisikan bahwa masyarakat sipil di indoensia itu ada dan berdampak luas, sangat berkemban dan bervariasi modelnya,” ujar John.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X