Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Fakta Unik yang Bikin Anda Makin Cinta Mars

Kompas.com - 12/06/2017, 21:34 WIB
Lutfy Mairizal Putra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Selama beberapa dekade terakhir, manusia telah mengirimkan puluhan penyelidikan dan satelit ke Mars. Berbagai foto yang dikirimkan dari planet tersebut telah menghidupkan imajinasi kita, menginspirasi film fiksi ilmiah seperti The Martian, dan memberi CEO SpaceX, Elon Musk, ide untuk mengoloni planet merah tersebut.

(Baca juga: Lubang Misterius Tampakkan Diri di Permukaan Mars, NASA pun Bingung)

Namun, seberapa banyakkah yang sudah Anda ketahui mengenai planet tetangga bumi tersebut? Meski manusia belum tiba dan berada di sana, para ilmuwan telah menemukan banyak hal tentang Mars.

Berikut ini adalah 12 fakta menarik tentang Mars yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Luas permukaan

Dengan angka 55.742.1065 mil persegi, luas permukaan daratan Mars hampir serupa dengan bumi yang mencapai 57.308.757 mil persegi. Akan tetapi, angka ini belum melibatkan 70 persen permukaan Bumi yang diselimuti air.

2. Temperatur udara

Rata-rata temperatur udara di Mars adalah -63 derajat Celsius, sekitar 77 derajat Celsius lebih dingin dibandingkan Bumi. Dengan suhu tersebut, manusia akan mati membeku dalam waktu kurang dari dua jam.

3. Atmosfer

Atmosfer yang dimiliki Mars 61 kali lipat lebih tipis dibandingkan Bumi. Kandungan gas yang menutupi Mars juga hampir seluruhnya terdiri dari karbon dioksida. Padahal, karbon dioksida hanya mencakup 0,04 persen dari atmosfer bumi.

(Baca juga: Misteri Mars Bertambah, Bagaimana Bisa Punya Air Jika CO2-nya Minim?)

4. Jurang Valles Marineris

Jurang yang berada di Mars ini lima kali lipat lebih dalam dari Grand Canyon di bumi. Valles Marineris juga sekitar empat kali lebih panjang dan 20 kali lebih lebar dari Grand Canyon.

5. Lautan purba

Berbeda dengan tampilannya sekarang, Mars pernah memiliki samudra. Namun, bila semua air yang pernah ada di planet tersebut ditumpahkan di bumi, jumlahnya hanya akan menambahkan 1,5 persen kandungan air yang dimiliki Bumi.

6. Oasis

Jika alien pernah hidup di Mars, mereka mungkin hidup di oasis yang berbentuk seperti kolam renang. Kolam tersebut dapat dihuni mahluk hidup seperti layaknya di bumi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com