Kompas.com - 03/06/2017, 04:03 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Dalam film seri X-men, sebuah sekolah yang dipimpin Profesor X menjadi rumah bagi banyak superhero mutan. Mereka diceritakan mengalami mutasi gen-X yang memberikan kemampuan khusus melebihi homo sapiens pada umumnya.

Tentu cerita itu hanya fiksi, tetapi bukan berarti mutasi genetika tidak pernah terjadi di kehidupan nyata.

Pada dasarnya, lebih dari 99 persen informasi genetika tiap manusia sama dengan manusia lainnya di bumi. Informasi genetika tersebut menentukan warna kulit, jenis kelamin, warna rambut, dan apakah Anda memiliki penyakit bawaaan tertentu atau tidak.

Namun, kurang dari satu persen sisanya memungkinkan adanya variasi yang dapat memberi manusia kemampuan lebih. Berikut adalah variasi gen yang mengubah manusia biasa jadi manusia super:

1. ACTN3 dan varian pelari super

Kita semua memiliki gen yang dinamakan ACTN3. Varian dari gen ini dapat membantu tubuh membuat protein spesial yang dinamakan alpha-actinin-3. Protein ini mengendalikan serat otot yang dibutuhkan untuk bergerak dengan cepat.

Sebuah studi pada tahun 2008 menemukan bahwa sangat sedikit atlit atau pelari cepat yang memiliki dua salinan ACTN3 yang cacat. Para peneliti pun menjuluki gen tersebut "gen olahraga".

Sayangnya, sebanyak 18 persen dari manusia di dunia memiliki dua salinan ACTN3 yang cacat sehingga produksi protein untuk kecepatan kontraksi otot menjadi terhambat.

2. hDEC2 dan mutasi tidur super

Kebanyakan manusia dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar tujuh hingga sembilan jam dalam satu hari. Namun beberapa orang memiliki kemampuan untuk hanya tidur selama empat jam tanpa merasa lelah.