Dari Dilema Puasa hingga Dunia Baru, Simak 5 Berita Populer Sains - Kompas.com

Dari Dilema Puasa hingga Dunia Baru, Simak 5 Berita Populer Sains

Kompas.com - 29/05/2017, 08:10 WIB
SRIWIJAYAPOST/SYAHRUL HIDAYAT Ilustrasi pemantauan hilal.

KOMPAS.com -- Pada minggu lalu, pencinta sains telah disuguhi banyak pengetahuan baru. Namun, inilah lima berita sains terpopuler pilihan Kompas.com yang wajib Anda ketahui agar tidak ketinggalan.

1. Dilema puasa kala matahari tidak pernah terbenam

Berbeda dengan Indonesia, para umat muslim di wilayah lingkaran Arktik harus berpuasa untuk waktu yang sangat panjang. Satu keluarga di Finlandia, misalnya, harus berpuasa selama 23 jam dan lima menit karena matahari hanya terbenam selama 55 menit. Untuk itu, seorang Imam lokal pun angkat bicara mengenai tata cara berpuasa di negara yang harinya lebih lama dari 18 jam.

Baca selengkapnya: Dilema Puasa di Negara yang Mataharinya Tidak Pernah Terbenam

 

2. Stephen Hawking sarankan manusia untuk segera cari dunia baru

Dalam konferensi pers festival seni dan sains Starmus di London, profesor Stephen Hawking kembali mengulang peringatannya untuk manusia. Menurut dia dan rekan-rekan lainnya seperti Elon Musk, manusia harus segera mencari dunia alternatif karena ruang di bumi hampir habis.

Baca selengkapnya: Manusia Harus Segera Cari Dunia Lain yang Layak Huni, Ini Sebabnya

 

3. Keseragaman awal puasa dan lebaran di tahun 2017

Selama ini, awal bulan Ramadhan, hari raya Idul Fitri, dan Idul Adha kerap berbeda di Indonesia. Namun, pada tahun ini mereka akan seragam berkat posisi bulan yang berada di atas dua derajat. Posisi tersebut membuat bulan menjadi lebih mudah terlihat dan diamati secara langsung.

Baca selengkapnya: Awal Puasa dan Lebaran 2017 Akan Seragam karena Bulan "Berbaik Hati"

4. Menimbang etika dari dokter yang menolak pasien berasuransi karena takut riba

Media sosial baru saja dihebohkan oleh seorang dokter yang menolak pasien berasuransi karena takut dosa riba. Oleh karena itu, seorang pakar etika kedokteran di Universitas Atmajaya pun angkat bicara. Menurut dia, dokter memang berhak menolak pasien selama telah diberitahukan sejak awal. Namun, hal ini hanya berlaku jika kondisi tidak darurat.

Baca selengkapnya: Heboh, Dokter Tolak Pasien Berasuransi karena Takut Dosa Riba

5. 4 obyek tata surya yang tampak di langit malam sebelum Ramadhan

Tepat pada hari Jumat (26/5/2017) lalu, langit malam menunjukkan beberapa obyek menarik. Pertama adalah Sirius, bintang yang memiliki arti penting dalam Islam. Selain itu, Jupiter, Venus, dan Saturnus pun juga akan menampakkan diri, walaupun planet yang terakhir harus dilihat dengan teleskop karena jaraknya yang jauh.

Baca selengkapnya: Malam Awal Ramadhan 2017, Langit Akan Menampakkan Ini


EditorShierine Wangsa Wibawa
Komentar
Close Ads X