Kompas.com - 26/05/2017, 18:03 WIB
 Kabah di Mekkah ThinkStock Kabah di Mekkah
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com -Sudah sempurnakah ibadah sholat Anda? Bisa jadi belum karena arah kiblat sholat Anda kurang tepat.

Sudah diketahui kiblat sholat umat muslim mengarah ke Kabah, Mekkah, Arab Saudi. Namun, karena mungkin kurang meperhatikan, arah kiblat bisa salah.

Tapi jangan khawatir. Tepat pada awal bulan Ramadhan 2017, umat muslim berkesempatan menyempurnakan arah kiblat.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, mengatakan bahwa pada 26-30 Mei 2017 matahari akan tepat berada di atas Kabah.

Waktu terjadinya fenomena itu tepatnya adalah pada pukul 16.13-16.23 WIB.

"Pada saat itu matahari berada di atas Mekkah, sehingga kalau kita lihat matahari, itu sesungguhnya kita menghadap ke arah Mekkah," kata Thomas saat dihubungi, Jumat (26/5/2017).

Cara mengoreksi arah kiblat sangat sederhana. Anda bisa menggunakan sebuah tongkat yang ditaruh di atas tanah lapang dengan cahaya matahari optimal pada saat terjadinya fenomena matahari di atas Kabah.

Lalu, amati arah bayangan yang terbentuk. Arah itu menunjukkan arah kiblat. Dari bayangan, tarik tali ke arah tempat biasa sholat. Tandai koreksi arah kiblat yang baru.

Penjelasan lebih detail tentang koreksi arah kiblat bisa dilihat di konten interaksif di tautan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.