Ada Sesuatu tentang Zebra yang Tak Pernah Diketahui Manusia, Ini Dia

Kompas.com - 25/05/2017, 20:09 WIB
Rombongan Zebra melintasi jalur kendaraan saat bersafari. Agung Kurniawan/Kompas.comRombongan Zebra melintasi jalur kendaraan saat bersafari.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Setiap tahun, hampir ribuan binatang di benua Afrika melakukan migrasi untuk mencari makanan. Salah satunya adalah zebra.

Meski menjadi suatu hal yang rutin terjadi, tetapi ilmuwan sampai kini masih bertanya-tanya bagaimana para hewan itu menentukan arah migrasi.

Sebuah studi tentang migrasi zebra berhasil mengungkap rahasia zebra yang tak pernah diketahui manusia, tentang cara hewan bercorak khas tersebut mengenali jalur migrasi.

Tim peneliti menemukan, zebra menggunakan ingatan mereka sebagai panduan. Mereka punya memori masa lalu yang dengan jelas mengarahkan zebra ke tempat tujuan.

Sebaliknya, tanda-tanda seperti kondisi vegetasi di sepanjang jalan kurang penting untuk menunjukkan arah migrasi.

" Zebra bermigrasi ke lokasi yang punya sumber makanan terbaik pada masa lalu," kata Chloe Bracis, peneliti yang memimpin riset.

"Mereka tampaknya menavigasi tujuan mereka berdasarkan ingatan," lanjut Bracis seperti dikutip Daily Mail pada Rabu (24/5/2017).

Bracis dan peneliti Pusat Penelitian Keanekaragaman Hayati dan Iklim Senckenberg di Frankfurt di wilayah sekitar 300 kilometer Delta Okavango, Botswana hingga padang rumpur Mokgadokgadi pada musim migrasi.

Bracis dan rekannya lalu membandingkan rute migrasi zebra hasil simulasi komputer dengan hasil pengamatan langsung rute migrasi zebra menurut data GPS.

Peneliti lantas menguji apakah 2 mekanisme yang dapat mempengaruhi arah migrasi. Pertama, peneliti menguji mekanisme persepsi, misalnya tentang vegetasi hijau.

Kedua mekanisme memori zebra, yaitu informasi dari migrasi sebelumnya yang berguna meramalkan arah migrasi selanjutnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X