Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heboh, Dokter Tolak Pasien Berasuransi karena Takut Dosa Riba

Kompas.com - 24/05/2017, 21:38 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Kehebohan kembali terjadi di media sosial. Seorang dokter yang tercantum bernama dr Kiki MK Samsi SpA(K) M. Kes mengumumkan bahwa dirinya menolak pasien dengan asuransi karena riba.

Dalam pengumuman itu, sang dokter mengatakan bahwa dirinya akan melayani tiap pasien tanpa terkecali. Ia akan memberi keterangan reimburs atau asuransi perusahaan yang tidak menarik premi.

Namun, dia mengumumkan, "Untuk asuransi ribawi, terhitung sejak 1 Mei 2017, setelah pengobatan ananda, saya tidak bisa mengisi keterangan medis."

Asuransi ribawi dalam definisi Kiki adalah asuransi perseorangan maupun perusahaan yang menarik premi tiap jangka waktu tertentu.

"Kebijakan ini saya lakukan dalam upaya menghindari diri dari dosa riba," demikian sang dokter mengumumkan kebijakannya.

Pakar etika kedokteran dari Universitas Atma Jaya Jakarta, Sintak Gunawan, menuturkan bahwa kasus dr Kiki mencerminkan abu-abu dunia kedokteran.

"Menurut pendapat saya pribadi, dokter berhak saja menolak pasien karena kepercayaannya. Asal itu sudah diberitahukan sejak awal," katanya.

Sintak menuturkan, kondisi itu mirip dengan dokter yang menolak melakukan aborsi walaupun negara tempat dia berkarir menyetujui aborsi.

Meski demikian, penerapan kepercayaan dokter hanya berlaku dalam kondisi tidak darurat. Bila berada dalam situasi yang tak ada pilihan, dokter harus menolong pasien, siapa pun itu.

"Itu karena setiap dokter sudah disumpah untuk menyelamatkan pasien. Setiap dokter wajib merawat pasien paling tidak sampai melewati masa kedaruratannya," jelas Sintak kepada Kompas.com, Rabu (24/5/2017).

Satu hal lain yang perlu diperhatikan, menurut Sintak, penolakan harus dilandasi faktor kepercayaan. Jadi, dokter tidak mempolitisi alasan penolakannya. Misalnya, sengaja menolak pasien dengan BPJS.

Sintak menuturkan, tiap rumah sakit pun memiliki hak untuk merekrut dokter sesuai nilai-nilainya dan menghargai kepercayaan dokter.

"Jika ada dokter yang menolak pasien berasuransi, rumah sakit bisa mempertimbangkan dokter itu. Kalau tetap mengijinkan dokter berprakter, rumah sakit harus merujuk pasien berasuransi ke dokter lain," katanya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com