Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/05/2017, 18:44 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Bagi anda pencinta kuliner, jangan sampai melupakan pentingnya menjaga kandungan gizi pada makanan. Jika hanya enak tapi tanpa gizi, makanan takkan memberi nutrisi maksimal.

Cara memasak makanan perlu diperhatikan. Apalagi makanan yang kandungan gizinya gampang terbuang lewat proses memasak, seperti jamur.

Jamur memiliki manfaat bagi tubuh sebab mengandung protein, asam amino esensial, serat, dan berbagai vitamin seperti B, C, D, dan E.

Nutrisi itu hanya bisa didapatkan dengan cara memasak yang tepat. Pada jamur, cara memasak yang tepat adalah memanggang dengan memakai microwave.

Fakta itu terungkap dari hasil studi peneliti Spanyol yang dipublikasikan dalam International Journal of Food Science and Nutrition bulan ini.

Peneliti melihat kandungan nutrisi 4 jenis jamur, yaitu jamur kancing putih, shiitake, tiram dan jamur tiram raja, sebelum dan sesudah dimasak.

Riset mengungkap, menggoreng adalah cara terburuk memasak jamur. Itu akan merusak antioksidan, bahan yang melindungi tubuh dari radikal bebas.

Perebusan, meskipun tidak menambah lemak, ternyata juga cara buruk memasak jamur. Protein dan antioksidan akan hilang.

Diwartakan BBC, Senin 922/5/2017), cara terbalik untuk memelihara nutrisi ketika memasak jamur dan sayuran adalah memasak dengan waktu yang singkat dan menggunakan cairan sesedikit mungkin.

"Ketika dimasak dengan microwave, kandungan polipenol dan antioksidan naik signifikan. Tidak ada masalah penurunan nutrisi," kata Irena Roncero-Ramos dari Mushroom Technological Research Center of La Rioja.

Ramos yang melakukan penelitian mengungkapkan, pemanggangan selain bisa dilakukan dengan microwave juga dapat memakai pan dan sedikit minyak. Minyak zaitun jadi pilihan baik sebab takkan menambah kalori.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+