Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Orang di Balik Keindahan Kebun Raya Bogor dan Silang Monas

Kompas.com - 17/05/2017, 22:07 WIB

KOMPAS.com - Dr. Melchior Treub adalah ahli botani berkebangsaan Belanda yang menjabat sebagai direktur Kebun Raya Bogor pada 1880-1909.  Treub lahir pada 26 Desember 1851. Setelah menyelesaikan studi doktoral di Universitas Leiden pada 1873, Treub melakukan penelitian botani di daerah tropis yaitu Indonesia.

Treub mulai menjabat sebagai Direktur Kebun Raya Bogor pada 1880, dengan visi untuk mengembangkan bidang botani, agrikultur, dan ilmu alam. Di bawah kepemimpinan Treub, Kebun Raya Bogor menjadi salah satu pusat penelitian bagi ahli-ahli botani dari seluruh dunia.

Selama berkarir sebagai Direktur, Treub membangun Museum Zoologicum Bogoriense, mendirikan Lembaga Penelitian Botani yang juga dikenal sebagai Lembaga Botani Umum Treub pada 1884, dan ia juga merupakan pendiri lembaga penelitian laut di jakarta dan sebuah laboratorium, yang saat ini dikenal sebagai Laboratorium Treub.

Tidak hanya itu, Treub juga merupakan penggagas pertama tata ruang lapangan Koningsplein atau silang monas.

Ide membuat jalan silang yang memotong Lapangan Monas secara diagonal dapat ditemukan di tulisan Treub dalam majalah ilmiah Tysmannia yang terbit pada 1892. Dr Melchior Treub mendapatkan inspirasi tersebut ketika Ia melihat kondisi lapangan tersebut yang kurang serasi menjadi perhiasan kota, karena saat itu perbandingan antara pohon yang masih jauh lebih banyak dibandingkan gedung-gedung.

Pada 1905, Treub memimpin sebuah departemen baru yang menjadi awal terbentuknya Departemen Pertanian. Ia menjadi peneliti yang terkenal akan penelitian dibidang morfologi tumbuhan tropika yang hanya ada di Indonesia. Atas seluruh jasanya, nama Treub dijadikan sebagai nama marga lumut Treubia dan marga jamur Melchioria.

Treub menyadari bahwa Indonesia memiliki sumber daya hayati yang luar biasa, dengan kesadarannya tersebut ia berhasil membuat kemajuan yang pesat saat memimpin Kebun Raya Bogor. (Nadya Adriane Pattiasina)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com