Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Andik, Duta Rimba yang Sudah Gowes ke 32 Provinsi di Indonesia

Kompas.com - 12/05/2017, 06:30 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

KOMPAS.com - Seorang pria tua terlihat hadir saat kegiatan restorasi atau penanaman kembali area lahan gambut seluas 20 hektar di Desa Sepucuk, Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Selasa (9/5/2017).

Dengan mengenakan tutup kepala tradisional Sumsel, ia tampak datang ke lokasi acara dengan membawa sebuah sepeda.

Pria itu diketahui bernama Raden Andik Jaya Perwira, asal Bogor, Jawa Barat. Andik adalah Duta Lingkungan Rimba yang telah bersepeda berkeliling di 32 provinsi di Indonesia.

Atas kiprahnya itu, ia diundang secara khusus oleh Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin untuk hadir dalam kegiatan South Sumatera-Bonn Challenge Asia Pasific Regional High Level Roudtable Meeting yang diselenggarakan di Sumatera Selatan pada 9-10 Mei 2017.

Ditemui usai acara, Andik menceritakan perjalannnya selama berkeliling di 32 provinsi. Ia menyebut memulai perjalannnya dari Banten pada September 2014.

"Saya berangkat dari Banten tanggal 16 September 2014," ucap Andik.

Dari situ, ia kemudian menyusuri seluruh provinsi di Jawa dan Bali, tepatnya di 128 kabupaten selama 271 hari.

Setelah beristirahat beberapa hari, Andik melanjutkan perjalannya ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Di kedua provinsi ini, ada 29 kabupaten yang sempat ia singgahi.

Saat menginjakan kaki di Pulau Timor, Andik ternyata menyempatkan diri ke Timor Leste, negara tetangga yang tadinya sempat masuk dalam wilayah Indonedia.

"Di sana saya singgah di Balibo," ujar Andik.

Dari Bolibo, Andik melanjutkan perjalanannya ke Sulawesi. Di pulau tersebut ia bersepeda selama 135 hari melintasi 77 kabupaten.

Dari Sulawesi, Andik meneruskan perjalanan ke Maluku Utara dan Maluku, untuk kemudian melanjutkannya ke Papua Barat dan Papua.

Dari Papua, Andik terbang langsung ke Kalimantan dan kemudian melanjutkan ke Sumatera. Setelah Sumatera Selatan, ada dua provinsi lagi yang akan didatanginya sebelum mengakhiri perjalannnya di Banten, yakni Bangka Belitung dan Lampung.

Saat hadir dalam kegiatan restorasi area lahan gambut seluas 20 hektar di Desa Sepucuk, Andik sempat berpesan kepada masyarakat untuk terus menjaga kelestarian lingkungan.

"Apapun kebijakan pemerintah saat ini dibidang kehutanan, tugas kita sebagai rimbawan sejati adalah menjaga dan melestarikan hutan kita," ujar Andik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com