Kompas.com - 10/05/2017, 19:38 WIB
- shutterstock-
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, rambut menjadi beruban dan kepala membotak. Manusia menerimanya sebagai sebuah kewajaran.

Namun, nasib menjadi tua dan beruban itu di masa depan mungkin bia dihindari. Caranya tak dengan mengecat hitam, tetapi dengan pendekatan genetika.

Ilmuwan baru-baru ini mengungkap sebab musabab uban dan kebotakan. Lu Le dan timnya dari Southwestern Medical Center di University of Texas mempelajari dua jenis protein, KROX20 dan stem cell factor (SCF).

Dengan melakukan eksperimen pada tikus, Le menemukan, KROX20 berfungsi dalam pembentukan batang rambut. Sementara, SCF berguna memacu pembentukan pigmen.

Jika kedua protein itu bekerja normal, maka rambut sehat dan berwarna sempurna (hitam, coklat, maupun pirang) akan terbentuk.

Namun, ketika Le dan timnya menghapus KROX20, rambut tikus tidak tumbuh dan menjadi botak. Sementara, ketika Le menghapus SCF, ranbut berubah warna jadi putih.

Penemuan ini sempat membuat Le terkejut. Pasalnya, ia sebenarnya sedang mempelajari peran KROX20 dalam penyakit neurofibromatosis tipe 1, penyakit genetik langka yang menyebabkan tumor saraf.

"Dengan pengetahuan ini, kami berharap bisa mengembangkan senyawa yang bisa mengaktifkan gen penghasil folikel rambut sehingga bisa mengatasi masalah ini," kata Le seperti dikutip IFLScience, Senin (9/5/2017).

Penelitian selanjutnya yang dibutuhkan adalah penyebab penurunan fungsi KROX20 dalam sel dan SCF pada gen seiring penuaan.

.