Kompas.com - 10/05/2017, 19:38 WIB
- shutterstock-
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, rambut menjadi beruban dan kepala membotak. Manusia menerimanya sebagai sebuah kewajaran.

Namun, nasib menjadi tua dan beruban itu di masa depan mungkin bia dihindari. Caranya tak dengan mengecat hitam, tetapi dengan pendekatan genetika.

Ilmuwan baru-baru ini mengungkap sebab musabab uban dan kebotakan. Lu Le dan timnya dari Southwestern Medical Center di University of Texas mempelajari dua jenis protein, KROX20 dan stem cell factor (SCF).

Dengan melakukan eksperimen pada tikus, Le menemukan, KROX20 berfungsi dalam pembentukan batang rambut. Sementara, SCF berguna memacu pembentukan pigmen.

Jika kedua protein itu bekerja normal, maka rambut sehat dan berwarna sempurna (hitam, coklat, maupun pirang) akan terbentuk.

Namun, ketika Le dan timnya menghapus KROX20, rambut tikus tidak tumbuh dan menjadi botak. Sementara, ketika Le menghapus SCF, ranbut berubah warna jadi putih.

Penemuan ini sempat membuat Le terkejut. Pasalnya, ia sebenarnya sedang mempelajari peran KROX20 dalam penyakit neurofibromatosis tipe 1, penyakit genetik langka yang menyebabkan tumor saraf.

"Dengan pengetahuan ini, kami berharap bisa mengembangkan senyawa yang bisa mengaktifkan gen penghasil folikel rambut sehingga bisa mengatasi masalah ini," kata Le seperti dikutip IFLScience, Senin (9/5/2017).

Penelitian selanjutnya yang dibutuhkan adalah penyebab penurunan fungsi KROX20 dalam sel dan SCF pada gen seiring penuaan.

.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.