Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

33 Tahun Hilang dari Muka Bumi, Pantai Ini Muncul Kembali

Kompas.com - 09/05/2017, 20:48 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Tahun 1984, sebuah pantai di barat daya Irlandia hilang dari permukaan bumi. Badai besar yang melanda kawasan itu pantai tempat biasa orang setempat bersenang-senang menjadi tinggal batuan karang.

Namun, alam kadang memberikan keajaiban. April 2017 lalu, pantai itu muncul kembali dan orang setempat riang luar biasa.

Alan Gielty, seorang pemilik restoran di dekat pantai mengatakan, "Kami memiliki desa kecil yang indah, tapi sangaat menakjubkan bisa melihat pantai di luar daripada sekadar batu."

"Karena orang-orang membaca berita tentang pantai, kami pun kedatangan lebih banyak konsumen dari bagian tengah negara kami," imbuhnya.

Achill Tourism Pantai di Achill Island sebelum April 2017
Sesuatu yang terdengar sebagai keajaiban itu bisa diterangkan secara ilmiah. Fenomena itu dipengaruhi oleh angin dan badai.

Sean Molloy, manager Acholl Tourism seperti dikutip The Guardian mengatakan, badai besar yang menerjang tahun 1984 membuat pasir pantai berpindah ke wilayah lain, meninggalkan hanya batuan.

Menjelang Paskah tahun 2017, angin dari utara bertiup. "Angin itu terus bertiup stabil sehingga pasti membawa debu dan pasir," katanya.

Kini, wilayah pantai di Doaagh itu memiliki pantai sepanjang 300 meter. Wisata di wilayah yang berbatasan dengan Samudera Atlantik itu mulai berkembang.

Achill Island, tempat Doaagh berada di ujung utara Irlandia. Kota itu merupakan tempat kelahiran Heinrich Boll, penulis anti-Nazi yang memenangkan nobel.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com