Kompas.com - 06/05/2017, 21:37 WIB
|
EditorIcha Rastika

JAKARTA, KOMPAS.com - Media sosial dihebohkan video yang menyebut ada semacam hujan salju di Jalan Sudirman, Jakarta, Sabtu (6/5/2017).

Namun, dugaan tersebut dibantah oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan pelaksana proyek MRT Jakarta.

Sumber MRT menyatakan, obyek berwarna putih yang mirip salju itu merupakan material sisa proyek MRT.

"Jadi itu material sisa tunneling (pengeboran) yang sedang dikeluarkan. Lalu keluar dari area proyek kami dan bercampur dengan air hujan," demikian keterangan MRT.

Ia menyampaikan, material itu ramah lingkungan dan telah dibersihkan dari lokasi sekitar pukul 19.00 WIB.

Hary Tirto Djatmiko dari BMKG mengatakan, Indonesia merupakan negara tropis sehingga tidak mungkin bersalju.

"Fenomena salju biasa terjadi di daerah subtropis dan kutub, jadi tidak benar berita yang beredar tersebut," katanya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu.

Data BMKG juga menunjukkan bahwa suhu Jakarta pada Sabtu berkisar antara 24-32 derajat Celsius. Pada suhu itu, salju tak mungkin turun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.