Peneliti Rilis Dua Spesies Baru Tarsius di Sulawesi

Kompas.com - 06/05/2017, 08:07 WIB
Dua jenis spesies tarsius: Tarsius spectrumgurskyae (kiri, photo: Myron Shekelle) dan Tarsius supriatnai (kanan, photo: Lynn Clayton) Myron Shekelle dan Lynn ClaytonDua jenis spesies tarsius: Tarsius spectrumgurskyae (kiri, photo: Myron Shekelle) dan Tarsius supriatnai (kanan, photo: Lynn Clayton)
EditorErlangga Djumena

BOGOR, KOMPAS.com - Para peneliti merilis publikasi hasil penelitian yang menyatakan dua spesies baru Tarsius di Sulawesi. Kedua spesies baru tersebut diberi nama Tarsius spectrumgurskyae dan Tarsius supriatnai.

Keduanya kini melengkapi 11 jenis tarsius di Sulawesi dan pulau-pulau kecil sekitarnya. Pemberian nama itu untuk menghormati dua ilmuwan yang telah berperan penting dalam upaya konservasi di Indanonesia.

Mereka adalah Dr. Sharon Gursky, seorang profesor antropologi di Universitas Texas A & M di Amerika Serikat, dan Dr. Jatna Supriatna, seorang profesor biologi di Universitas Indonesia.

Gursky telah mempelajari tarsius di wilayah konservasi Tangkoko, Bitung, Sulawesi Utara selama lebih dari 20 tahun dan menjadikannya sebagai pakar Tarsius di dunia. Sementara Supriatna adalah Guru Besar Biologi di Universitas Indonesia dan telah mensponsori banyak penelitian mengenai konservasi di Indonesia.

"Rilis kedua spesies baru tersebut dipublikasikan dalam artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Primate Conservation pada 4 Mei tepat pada peringatan International Tarsier Day," ujar Myron Shekelle, Research Associate di Western Washington University’s Department of Anthropology yang menjadi penulis utama makalah tersebut, Sabtu (6/5/2017).