Cassini Memotret 'Badai Raksasa' di Saturnus dalam Aksi Bunuh Dirinya

Kompas.com - 03/05/2017, 16:07 WIB
Potret Saturnus oleh Cassini yang diambil pada tanggal 26 April 2017. Potret Saturnus oleh Cassini yang diambil pada tanggal 26 April 2017.

KOMPAS.com -- Wahana antariksa Cassini milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat ( NASA) telah berhasil mengabadikan potret terdekat dari atmosfer Saturnus.

Berdasarkan foto tersebut, atmosfer Saturnus tampak seperti badai gelap yang disebut oleh NASA sebagai "badai raksasa".

Dikutip dari pernyataan resmi NASA, untuk mendapatkan foto tersebut, Cassini menyelam hingga sekitar 3.000 kilometer dari awan teratas Saturnus dan 300 kilometer dari tepi cincin paling dalam.

Terbang dengan kecepatan 124.000 kilometer per jam, partikel kecil dapat menjadi ancaman besar pada bagian sensitif Cassini yang tidak memiliki pelindung.

Oleh karena itu, wahana antariksa tersebut melebarkan antenanya sejauh empat meter untuk digunakan sebagai perisai.

"(Inilah) pengelihatan terdekat kami di atmosfer Saturnus dan Badai Raksasa," kicau akun resmi NASA di Twitter.

Semasa penyiaran langsung melalui Facebook, peneliti kemudian mengonfirmasi bahwa badai gelap tersebut merupakan pusat dari  pusaran yang membentang sejauh 2.000 kilometer dari pangkalnya.

"Tidak ada wahana antariksa yang pernah sedekat ini dengan Saturnus sebelumnya," kata Earl Maize, Manajer Proyek Cassini dan peneliti di Laboratorium Tenaga Penggerak Jet milik NASA.

Dia melanjutkan, kami hanya dapat mengandalkan prediksi, berdasarkan pengalaman kami dengan cincin Saturnus lainnya, untuk membayangkan celah di antara cincin dan planet Saturnus.

"Saya sangat senang bisa melaporkan bahwa Cassini telah berhasil melalui celah tersebut seperti yang direncanakan dan keluar dari sisi yang lain dalam bentuk yang baik," tambahnya.