Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/05/2017, 19:07 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Sekitar dua minggu yang lalu, Tracey Maris dan keluarganya menemukan sesuatu yang tidak biasa ketika mengunjungi sebuah lapangan bola di Papamoa, New Zealand.

Tidak jauh dari lapangan tersebut, sebuah taman yang menggunduk tampak dilingkupi oleh kain tipis yang berkerlap-kerlip.

Pada awalnya, Maris dan keluarganya mengira bahwa jaring-jaring tersebut kosong. Namun, ketika mengamati lebih lanjut, mereka menemukan ribuan laba-laba bergantung di sana.

“Seperti yang Anda duga, kami menjerit keras sekali,” ujarnya kepada New Zealand Herald.

Kepada Storyful, Maris lalu bercerita bahwa sarang laba-laba raksasa tersebut ditemukan pada gundukan yang baru saja dibuat untuk evakuasi tsunami.

Gundukan ini ternyata juga menarik perhatian laba-laba yang berusaha menyelamatkan diri dari banjir Cyclone Cook yang terjadi pada awal minggu tersebut.

Dengan panjang 30 meter dengan lebar yang mencapai tiga meter, Thomas Scheibel, pemimpin Department for Biomaterials di University of Bayreuth, Jerman, berkata bahwa sarang laba-laba ini kemungkin besar dibuat oleh laba-laba dari keluarga Stiphidiidae menggunakan benang yang berbeda-beda.

New Zealand sendiri memiliki bermacam-macam laba-laba dari keluarga Stiphidiidae, mulai dari yang hanya berukuran beberapa sentimeter hingga Cambridgea foliata yang bisa sebesar telapak tangan manusia dewasa. Setiap C foliata juga dapat membuat sarang dengan diameter satu meter.

“Mustahil untuk mengetahui laba-laba mana yang membuat sarang di video tersebut,” kata Scheibel kepada LiveScience.

Dia melanjutkan, tetapi kemungkinan besar mereka dibuat oleh satu spesies saja dengan jumlah menjadi beberapa ribu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+