Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stephen Hawking Akan Jadi Penderita ALS Pertama yang ke Luar Angkasa

Kompas.com - 22/03/2017, 10:49 WIB
Monika Novena

Penulis

KOMPAS.com - Fisikawan Stephen Hawking memastikan jika ia akan melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Pernyataan ini ia sampaikan dalam acara Good Morning Britain pada Senin, (20/3/2017). Hawking akan menjadi salah satu penumpang pesawat luar angkasa, Virgin Galactic yang merupakan milik dari pengusaha Sir Richard Branson.

Hawking sebenarnya tidak berharap bisa pergi dan memiliki pengalaman di luar angkasa. Namun nyatanya ia justru mendapat tawaran langsung dari Richard Branson.

"Ketiga anakku telah memberikan kebahagiaan. Dan aku bisa katakan apa lagi tentang membuatku bahagia, pergi keluar angkasa," katanya seperti dikutip dari Science Alert, Senin, (20/3/2017).

"Aku kira tidak akan ada yang mengajakku tapi Richard Branson telah menawarkanku sebuah kursi di Virgin Galactic dan aku menjawab ya dengan segera," cerita Hawking.

Kepastian tanggal keberangkatan hingga kini memang belum diumumkan. Namun Virgin Galactic berharap bisa membawa penumpang ke luar angkasa dalam misi komersial di waktu dekat.

Pada usia 75 tahun, Hawking bukanlah astronot tertua yang akan berangkat ke luar angkasa. Namun ia akan menjadi orang  pertama dengan penyakit langka yang pergi ke luar angkasa.

Hawking menderita Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS), penyakit yang menggerogoti saraf motorik.

Perjalanan Hawking ke luar angkasa ini sekaligus akan memberikan kesempatan kepada peneliti untuk mempelajari bagaimana orang dengan ALS hidup di lingkungan tanpa gravitasi.

Dalam kesempatan yang sama, Hawking juga mengungkapkan pentingnya menyatukan kekuatan untuk eksplorasi luar angkasa, terutama dalam hal menyatukan pemerintah dari seluurh dunia serta menginspirasi generasi mendatang.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com