Makan di Restoran Terbukti Gagalkan Diet

Kompas.com - 12/03/2017, 10:15 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Orang gemuk yang sedang berdiet cenderung makan banyak ketika makan di sebuah restoran, ungkap sebuah studi.

Dari 10 kali percobaan makan di restoran, responden dengan kategori gemuk (BMI di atas 25) makan terlalu banyak pada 6 kali kunjungan. Hanya 4 kunjungan mereka mampu memertahankan diet sehatnya.

Para peneliti mengatakan, kondisi ini disebabkan karena orang-orang cenderung menghadapi lebih banyak godaan untuk memanjakan diri dengan makanan, ketimbang saat mereka makan di rumah, tempat kerja, atau di mobil.

Godaan yang kerap dihadapi termasuk menenggak minuman manis, menikmati kue, camilan di goreng seperti kentang, atau terlalu banyak makan cokelat.

Sebaliknya, peserta memiliki godaan sedikit saat makan di rumah mereka sendiri, kantor, rumah orang lain, maupun mobil.

Selama penelitian, 150 peserta menghabiskan satu tahun untuk melaporkan apa yang mereka makan dan di mana lokasinya. Apakah mereka tergoda untuk istirahat atau berhenti berdiet.

Risiko makan banyak turun sekitar 40 persen saat makan di tempat kerja dan turun 30 persen saat makan di dalam mobil.

Pemimpin studi Profesor Lora Burke, dari University of Pittsburgh, mengatakan, "Penelitian tentang pencegahan kenaikan berat badan sangat penting untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.”

“Penting untuk membantu individu mengantisipasi tantangan dan memecahkan masalah pada situasi berisiko tinggi makan berlebih, sehingga mereka tetap pada rencana penurunan berat badan,” tambahnya.

Penemuan ini dipresentasikan pada konferensi yang diselenggarakan oleh American Heart Association.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Sun
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X