Kompas.com - 11/03/2017, 11:45 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Seorang wanita Mesir berbobot 500 kg dan dianggap sebagai orang paling gemuk sedunia, menjalani operasi penurunan berat badan di India.

Wanita bernama Eman Ahmed Abd El Aty (36) tersebut tiba di India pada Januari 2017. Menurut keluarganya, ia sudah 25 tahun tak pernah keluar rumah karena kegemukan. El Aty dibawa ke India menggunakan pesawat carteran.

El Aty terlahir dengan berat badan sekitar 5 kg dan didiagnosis memiliki elephantiasis, kondisi infeksi parasit sehingga bagian tubuh membengkak.

Di usia 11 tahun, berat badannya naik cepat sampai akhirnya terkena stroke dan sebagian badannya lumpuh. Akhirnya wanita ini hanya bisa terbaring di tempat tidur dan diurus oleh ibu dan kakaknya.

Juru bicara Rumah Sakit Mumbai Saifee mengatakan, sejak dirawat El Aty sudah berhasil mengurangi 100 kg berat badannya.

"Kami berusaha agar ia cukup bugar untuk bisa kembali pulang ke Mesir secepatnya," kata juru bicara rumah sakit dalam pernyataannya. Mereka juga yakin wanita tersebut akan bisa mengurangi lebih banyak berat badannya dalam beberpa bulan ke depan.

El Aty menjalani operasi bariatrik untuk menurunkan berat badannya. Operasi dipimpin oleh ahli bedah Dr.Muffazal Lakdawala.

Operasi bariatrik sering dipakai para dokter sebagai senjata terakhir untuk menangani orang yang berat badannya sangat berlebih sampai membahayakan kesehatannya.

Ada dua jenis operasi bariatrik, pertama adalah gastric band, yaitu menggunakan pita pengikat untuk mengurangi ukuran lambung sehingga hanya diperlukan sedikit makanan untuk membuatnya penuh atau kenyang.

Jenis operasi yang kedua adalah gastric bypass, yakni dokter membuatkan jalan pintas pada sistem pencernaan agar langsung ke usus besar. Tujuannya agar hanya sedikit makanan yang dicerna sehingga perut lebih cepat kenyang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BBC News


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.